alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Donald Trump Akui Pasukan AS di Suriah Hanya untuk Jaga Minyak

Victor Maulana
Donald Trump Akui Pasukan AS di Suriah Hanya untuk Jaga Minyak
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, pasukan AS yang diperintahkan untuk tetap di Suriah ada di sana hanya untuk minyak. Foto/Reuters

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mennyebut keberadaan pasukan AS di yang diperintahkan tetap di Suriah hanya untuk menjaga minyak. Ini bertentangan dengan klaim pemerintah AS bahwa penempatkan pasukan di Suriah dimaksudkan untuk membersihkan ISIS.

"Kami menjaga minyak, kami memiliki minyak, minyak aman, kami meninggalkan pasukan hanya untuk minyak," kata Trump dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Times of Israel pada Kamis (14/11/2019).

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS, Mark Esper menuturkan, Washington akan mempertahankan sekitar 600 personel militer di Suriah. "Kami masih memindahkan pasukan dari Suriah timur laut. Kami akan memiliki sekitar 500 hingga 600 pasukan di sana, pada akhirnya," ucap Esper.



Ditanya apakah angka itu termasuk sekitar 200 tentara yang dikerahkan ke pangkalan Al-Tanf di dekat perbatasan tenggara dengan Yordania dan Irak, Esper mengatakan bahwa ia merujuk ke timur laut Suriah, di mana Trump telah menginstruksikan Pentagon untuk mengamankan ladang minyak.

Esper mengatakan bahwa jumlahnya bisa bertambah atau berkurang, terutama jika negara-negara Eropa memperkuat kehadiran mereka di negara tersebut.

“Semuanya berubah. Acara di lapangan berubah. Kami dapat, misalnya, memiliki mitra dan sekutu dari Eropa untuk bergabung dengan kami. Jika mereka bergabung dengan kami di lapangan, itu memungkinkan kami kemampuan untuk memindahkan pasukan AS lebih lanjut di luar sana," tukasnya.



(nun)

loading...