alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

IJTI Korda Banyumas Segera Dibentuk

Saladin Ayyubi
IJTI Korda Banyumas Segera Dibentuk
Ketua IJTI pengda Jateng Teguh Hadi Prayitno memberi buku saku wartawan kepada Ketua Pelaksana Pembentukan IJTI Banyumas Raya. FOTO : iNews.tv/ Saladin Ayyubi

PURWOKERTO - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Jawa Tengah akan segera membentuk IJTI Korda Banyumas Raya.

"Kami menginisiasi terbentuknya Korda Banyumas Raya, meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen. Tapi untuk Kebumen masih didiskusikan apakah akan bergabung dengan Banyumas atau ikut Kedu," kata Ketua Pengda IJTI Jateng, Teguh Hadi Prayitno.

Dia mengatakan itu saat ditemui usai sosialisasi pembentukan IJTI Banyumas Raya di Ruang Sidang lantai 2 Kantor Pusat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Rabu (13/11).



Menurut dia, setelah sosialisasi pembentukan akan dilanjutkan pembentukan panitia pelaksana. Panitia ini yang akan menyelenggarakan Musyawarah IJTI Korda Banyumas Raya. Rencananya akan dilaksanakan pada 23 Desember 2019.

Dikatakannya, IJTI sebagai organisasi wartawan yang merupakan konstituen dewan pers atau organisasi profesi resmi. Ini secara nasional sudah berdiri sejak 1998 dan sudah tersebar di 34 provinsi.

"Di masing-masing provinsi, kami diberi kewenangan membuat IJTI di Korda. Kepentingannya, organisasi ini menjadi wadah bagi para jurnalis televisi untuk berkegiatan," katanya.

Kemudian, lanjut dia, IJTI akan memberikan advokasi, perlindungan sebagai organisasi apabila jurnalis televisi menghadapi persoalan di bidang kerjanya. Misalnya, kasus kekerasan atau kasus-kasus lain yang melibatkan jurnalis televisi.

Di samping itu, pembentukan IJTI Korda untuk mempererat jalinan komunikasi antarjurnalis televisi dan menjadi wadah berkegiatan profesional. Seperti, melaksanakan uji kompetensi jurnalis, seminar dan FGD bidang jurnalistik untuk meningkatkan kemampuan diri.

Lebih lanjut Teguh mengatakan, di Jateng yang sudah terbentuk Korda Muria Raya, meliputi Kabupaten Jepara, Kudus, Grobogan, Blora, Rembang dan Pati. Kemudian nanti Korda Banyumas Raya.



(nun)

loading...