alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pembangunan Masjid Sriwedari Waspadai Bahaya Angin

Ary Wahyu Wibowo
Pembangunan Masjid Sriwedari Waspadai Bahaya Angin
Proyek Masjid Taman Sriwedari Surakarta (MTSS) yang progres pembangunannya telah mencapai sekitar 59%. FOTO: SINDOnews/ Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Pelaksana proyek pembangunan Masjid Taman Sriwedari Surakarta (MTSS) mulai mengantisipasi kendala yang muncul akibat datangnya musim penghujan. Hujan disertai angin sangat diwaspadai untuk pengerjaan di ketinggian dan eksterior.

Project Control pelaksana proyek MTSS Solo Akhsan Fitrianto mengatakan, progres pembangunan masjid telah mencapai sekitar 59% dengan total anggaran Rp165 miliar. Proyek digarap mulai 26 Juni 2018 dan ditargetkan selesai 26 Juni 2020. Untuk pembangunan masjid sudah dilakukan di atap, emperan, empat menara, finishing eksterior, menara utama.

“Pekerjaan atap ditargetkan selesai desember,” ungkap Akhsan Fitrianto saat menerima sidak Wakil Ketua DPRD Solo Achmad Sapari, Rabu (13/11/2019). Terdapat empat menara penunjang yang tingginya 30 meter.



Untuk pekerjaan menara utama yang tingginya 114 meter, di dalamnya terdapat lift berkapasitas 10 orang yang nanti bisa digunakan menara pandang di elevasi 45, 74, dan 98. Memasuki musim penghujan, pekerjaan di ketinggian dan eksterior selalu diwaspadai. Keamanan dari bahaya angin dan hujan ditingkatkan. Proyek digarap mulai jam 08.00-17.00 WIB.

“kalau lembur sampai jam 22.00 WIB. Pekerjaan intens di struktur sudah selesai. Kalau pekerjaan struktur dikerjakan 24 jam,” terangnya. Ketika hujan turun, pekerjaan eksterior dihentikan dan dialihkan untuk pekerjaan di dalam.

Progress interior di lantai satu kini mulai memasang granit dinding juga empat tempat wudhu, plafon. Sementara, pada Desember dimulai pekerjaan marmer lantai atas masjid. MTSS yang dirancang dua lantai, memiliki kapasitas tampung di dalam masjid 980 jamaah, teras 680 jamaah dan pelataran 5.000 jamaah. Sehingga total jamaah yang dapat ditampung mencapai 7.800 jamaah.

“Pelataran nanti kami finish andesit dan granit,” ucapnya. Setelah melihat perkembangan proyek, Wakil Ketua DPRD Solo Achmad Sapari optimis pekerjaan selesai tepat waktu.



(nun)

loading...