alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Air Kali Anyar Solo Berbusa, Ribuan Ikan Nila Mati Mendadak

Ary Wahyu Wibowo
Air Kali Anyar Solo Berbusa, Ribuan Ikan Nila Mati Mendadak
Air Kali Anyar Solo tampak berbusa serta warga saat menangkap ribuan ikan yang sekarat di Bendung Karet Tirtonadi, Rabu (13/11/2019). Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Ribuan ikan nila di Kali Anyar, Kota Solo mati mendadak dan menimbulkan bau tak sedap, Rabu (13/11/2019). Ikan-ikan itu mengambang dan menumpuk di kawasan Bendung Karet Tirtonadi. Sebagian ikan lainnya sekarat.

Matinya ribuan ikan nila diduga akibat air sungai tercemar limbah. Sebab pada saat bersamaan, air di seputar bendung karet terlihat berbusa.

"Kalau kemarin belum ada ikan yang mati, baru hari ini mulai sekitar jam 09.00 WIB," kata Hari Indaryanto (40), sekuriti Papan Kaweruh Tirta yang berlokasi di dekat Bendung Karet Tirtonadi, Rabu (13/11/2019).



Pagi tadi belum tercium aroma tak sedap dari ikan yang mati. Bau baru terasa menyengat ketika beranjak siang. Selama sebulan berjaga di lokasi itu, Indaryanto baru sekali ini melihat ribuan ikan mati mendadak disertai munculnya air berbusa.

Banyaknya ikan yang sekarat menarik minat sejumlah warga untuk turun di balik Bendung Karet guna mencari atau menjaringnya.

Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno meminta Dinas Lingkungan (DLH) untuk turun tangan. Kondisi air harus dicek guna memastikan penyebab matinya ikan-ikan itu. "DLH sudah datang ke sini mengambil sampel air untuk mencari tahu ini apa?," kata Sukasno.

DLH harus peka atas penanganan limbah yang ditengarai dibuang sembarangan ke sungai. "Solo nanti ke depan akan tergantung sungai," katanya. Terbukti ketika air Sungai Bengawan Solo tercemar dan beberapa hari tidak sempat diolah, pasokan air bersih ke pelanggan di sejumlah lokasi menjadi macet.

Sejauh ini belum diketahui penyebab air di Kali Anyar terdapat banyak busa. DLH Solo meminta waktu untuk memastikan penyebab air menjadi tercemar. Sebab sampel tidak diuji sendiri tapi harus dicek ke pihak lain.



(amm)

loading...