Akun YouTube yang Tak Menghasilkan Uang Akan Dihapus

Rabu, 13 November 2019 - 16:15 WIB
Akun YouTube yang Tak Menghasilkan Uang Akan Dihapus
Akun YouTube yang tidak populer atau tidak layak secara komersial dapat dihapus, termasuk video di dalamnya. FOTO/Variety
A A A
MENLO PARK - Persyaratan baru akan diberlakukan YouTube kepada pengisi konten di platform berbagi video tersebut. Akun yang tidak populer atau tidak layak secara komersial dapat dihapus, termasuk video di dalamnya.

Perubahan tersebut telah menimbulkan kekhawatiran di antara pengguna bahwa akun dapat dihapus dari platform. Sementara beberapa orang berpendapat bahwa perubahan itu dapat memungkinkan penghapusan video ekstremis atau berbahaya.

"YouTube mungkin mengakhiri akses Anda, atau akses akun Google Anda ke semua atau sebagian layanan jika YouTube yakin, dalam kebijakannya, bahwa layanan pada Anda tidak lagi bisa komersial," demikian bunyi aturan tersebut dikutip dari The Independent, Rabu (13/11/2019).

Perubahan tersebut membuat netizen marah dengan melayangkan protes lewat cuitan di Twitter dan postingan di Reddit. Mereka mencemaskan dengan adanya aturan ini YouTube bisa lebih mudah menghapus sebuah akun. Aturan baru itu mulai berlaku pada 10 Desember mendatang.

Saat dikonfimasi pihak Youtube menyatakan tidak akan ada yang berubah dari platformnya. Mereka berdalih beberapa perubahan di Terms of Service dibuat agar lebih mudah dibaca.

"Untuk memperjelas, tidak ada perubahan dalam ToS (Term of Service) kami untuk mengakhiri akun karena tidak menghasilkan uang. Seperti sebelumnya, kami dapat menghentikan fitur YouTube tertentu atau bagian dari layanan, misalnya, jika sudah usang atau penggunaannya rendah. Ini tidak memengaruhi pembuat/pemirsa dengan cara baru apa pun," tulis pihak YouTube saat membalas cuitan warganet.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1904 seconds (0.1#10.140)