Warga Australia Diperintahkan Mengungsi pasca Kebakaran Tak Terkendali

Rabu, 13 November 2019 - 11:30 WIB
Warga Australia Diperintahkan Mengungsi pasca Kebakaran Tak Terkendali
Wilayah pantai timur Australia diselimuti kabut asap akibat kebakaran. Foto/REUTERS
A A A
SYDNEY - Pihak otoritas Australia memerintahkan warga di sejumlah wilayah untuk segera mengungsi saat para petugas kesulitan mengendalikan kebakaran liar di pantai timur.

Saat suhu dingin terjadi di negara bagian New South Wales (NSW), perhatian petugas beralih ke Queensland yang panas, kering, dan berangin kencang hingga menciptakan kebakaran semakin parah.

Otoritas mengeluarkan peringatan "pergi segera" yang menjadi level tertinggi untuk beberapa wilayah termasuk Noosa, tujuan wisata pantai yang populer terletak 150 km selatan Brisbane.

"Kondisi sekarang sangat berbahaya dan petugas pemadam kebakaran mungkin tak dapat mencegah kebakaran terus meluas," papar pernyataan Badan Kebakaran dan Darurat Queensland (QFES) dalam peringatan darurat.

"Kebakaran mungkin menjadi ancaman bagi semua orang yang berada di jalurnya," ungkap pernyataan QFES.

QFES telah mengerahkan satu pesawat pengebom air untuk membantu mengatasi kebakaran. Kebakaran semak sering terjadi dan merupakan ancaman mematikan di Australia yang panas dan kering. Namun kebakaran kali ini terjadi lebih cepat dan mengejutkan banyak pihak.

Sejauh ini kebakaran mengakibatkan tiga orang tewas dan merusak 2,5 juta acre lahan pertanian serta semak.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6491 seconds (0.1#10.140)