Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang Menutup Jalan di Demak

Minggu, 27 Januari 2019 - 16:09 WIB
Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang Menutup Jalan di Demak
Pohon berukuran besar tumbang hingga menutup jalan setelah hujan deras mengguyur Demak Jateng dan sekitarnya. FOTO/SINDOnews/Taufik Budi
A A A
DEMAK - Pohon berukuran besar tumbang hingga menutup jalan setelah hujan deras mengguyur Demak Jateng dan sekitarnya. Akibatnya, arus lalu lintas macet karena pengendara harus menunggu petugas selesai mengevakuasi batang pohon yang melintang jalan.

Waka Polsek Gajah Iptu Budi Santoso menuturkan, pohon tumbang menutup ruas Jalan Gajah - Dempet, Desa Boyolali, Kecamatan Gajah, pada Minggu (27/1/2019) pagi. Evakuasi pun dilakukan oleh polisi dibantu oleh warga sekitar.

"Saat itu saya bersama beberapa anggota langsung turun ke lokasi untuk mengecek, dan ternyata benar ada pohon tumbang yang menimpa badan jalan sehingga terjadi antrian kendaraan," ujarnya.

Dia bersama empat personel dibantu masyarakat, langsung membersihkan dan melakukan pemotongan. Batang pohon dan dedaunan kemudian dievakuasi ke tepi agar lalu lintas kembali lancar.

"Sekitar satu jam, evakuasi pohon selesai dilakukan. Tidak ada korban akibat peristiwa tersebut, namun arus lalu lintas sempat terganggu," katanya.

Polisi bersama masyarakat sekitar melakukan evakuasi pohon menggunakan alat seadanya, sepeti parang, gergaji mesin. Beruntung saat pohon tumbang tidak ada kendaraan yang melintas.

Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang Menutup Jalan di Demak

Hujan deras disertai angin membuat sejumlah pohon tumbang di Demak. Arus lalu lintas sempat terganggu.

Di tempat terpisah, Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar mengatakan, masyarakat Demak diminta selalu waspada saat musim penghujan datang. Dia meminta segera melaporkan pihak terkait jika terjadi bencana alam.

"Agar masyarakat selalu waspada cuaca ekstrem. Segera laporkan kepada pihak terkait jika terjadi bencana alam. Polres Demak beserta BPBD Demak selalu siaga dan siap melakukan evakuasi," pesannya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1364 seconds (0.1#10.140)