alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Brokoli Diyakini Bisa Melawan Polusi Udara

Tedy Ahmad
Brokoli Diyakini Bisa Melawan Polusi Udara
Brokoli menjadi sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat, tak hanya menjaga kadar gula darah atau melawan kanker, juga mengatasi polusi udara. Foto/Istimewa

JAKARTA - Penting untuk menambah nutrisi guna membersihkan sistem pernafasan yang secara alami dan aktif melawan polutan yang mematikan. Apalagi banyak diantara kita hidup di kota-kota besar yang kualitas udaranya buruk.

Seperti dilansir Times of India, memasukkan sayuran dan buah-buahan kaya antioksidan dalam makanan dapat menekan efek dan membuat tubuh lebih siap untuk melawan polusi yang buruk. Nah, satu sayuran paling banyak dibicarakan adalah brokoli.

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Makanan super sejati warna hijau ini mengandung banyak serat yang mengatur pencernaan dan secara aktif melawan racun yang mengendap di rongga.



Brokoli juga diyakini membantu membersihkan sistem pencernaan, menghilangkan limbah dan racun yang mungkin diserap tubuh dari udara, tanah, makanan atau makanan yang buruk dan jangan lupa, karsinogen yang mencemari yang menemukan cara mudah untuk dapatkan di musim yang buruk ini.

Dari segi nutrisi, brokoli memasok antioksidan yang baik, vitamin A, beta-karoten, B kompleks, asam folat, mineral yang membantu melawan peradangan, risiko kesehatan kronis, dan juga memperkuat membran sel.

Brokoli juga berfungsi menjaga kadar gula darah, mengurangi kemungkinan penyakit degeneratif, jenis kanker tertentu dan mengoptimalkan kesehatan usus. Namun, apa yang menjadikannya makanan anti polusi yang efektif adalah kemampuannya untuk menekan polutan tertentu.

Sebuah penelitian yang dilakukan di China menemukan bahwa brokoli sangat membantu dalam memerangi dan menghilangkan racun polutan udara dari akarnya.

Ketika Anda makan brokoli, phytochemical yang ada didalamnya, yang disebut glucoraphanin memulai reaksi kimia yang menempel pada senyawa benzene yang berbahaya, memecahnya dan mengisi ulang tubuh untuk mengeluarkannya lebih cepat.

Mekanisme yang sama juga terbukti membantu membuang racun yang terkait dengan polusi dan asap rokok. Karenanya, mendetoksifikasi tubuh dengan mengonsumsi sayuran sederhana seperti jus brokoli segar atau smoothie setelah Anda tiba di rumah dapat mengurangi beberapa risiko kesehatan.



(mif)

loading...
Berita Terkait