alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cara Membuat Ayam Goreng Lebih Kriuk dan Lembut

Alviana Harmayani Masrifah
Cara Membuat Ayam Goreng Lebih Kriuk dan Lembut
Ada beberapa hal yang dilupakan saat menggoreng ayam sehingga ayam tidak lembut dan gosong. Sejumlah cara bisa membuat ayam goreng lebih renyah dan lembut. (Farmers Almanac)

JAKARTA - Ada sensasi kenikmatan tersendiri dari ayam yang renyah ketika digigit dan terdengar bunyi kriuk di sana. Belum lagi, gurihnya daging ayam yang menggoyang lidah.

Namun, membuat ayam goreng yang renyah dan dagingnya tidak keras ternyata gampang-gampang susah. Bumbu mungkin sudah pas, tapi ketika menggorengnya salah, maka gagal pulalah ayam goreng kriuk kita yang lezat itu.

Nah, ada beberapa cara untuk membuat ayam goreng yang renyah di luar dan tetap lembut di dalamnya. Menurut Endeus TV, ada beberapa hal sepele yang biasanya dilupakan orang saat menggoreng ayam di rumah. Berikut ada tips untuk membuat ayam goreng renyah dengan daging yang tetap lembut di dalam.



1. Tusuk daging menggunakan tusuk gigi atau garpu
Sebelum dibumbui, tusuk-tusuk daging ayam mentah dengan tusuk gigi. Terutama pada daging ayam bagian dada yang memang seratnya keras. Ini dilakukam agar daging ayam menjadi lebih lembut sehingga tidak keras saat digoreng. Selain itu, lubang pada daging ayam akan membuat daging lebih maksimal menyerap bumbu.

2. Goreng dengan minyak yang baru dan banyak
Ketika menggoreng ayam, maka seluruh bagiannya harus terendam minyak agar daging matang secara merata. Maka, menggoreng ayam memang membutuhkan minyak goreng yang banyak. Namun, minyak goreng yang digunakan juga harus baru. Minyak goreng bekas atau yang sudah berkali-kali dipakai tidak hanya tidak sehat bagi tubuh tapi juga mengandung sisa makanan sebelumnya. Jika sisa-sisa makanan ini menempel pada ayam, maka ayam goreng bisa berwarna gelap dan rasanya pahit.

3. Pastikan api stabil
Sebelum menggoreng ayam, panaskan dulu minyak dengan api sedang. Setelah minyak panas, barulah masukkan ayam. Jangan menggunakan api besar saat menggoreng karena bisa membuat daging menjadi liat dan bagian dalam kurang matang. Api sedang bisa membuat ayam matang secara merata dan tidak mudah gosong. Pastikan api stabil untuk menjaga panas dalam minyak dengan suhu yang sama selama memasak.

4. Goreng menggunakan margarin
Jika ingin membuat ayam goreng dengan jumlah sedikit, maka bisa menambahkan margarin ke dalam minyak saat menggoreng. Ini bisa membuat ayam goreng lebih gurih dan beraroma sedap.

 



(mif)

loading...