alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dialog Antar-Ormas Keagamaan untuk Tanggulangi Radikalisme

Suharjono
Dialog Antar-Ormas Keagamaan untuk Tanggulangi Radikalisme
Tokoh masyarakat Kabupaten Gunungkidul Mayor Sunaryanto (kiri) dalam diskusi dengan Majelis Umat Kristiani Indonesia (MUKI), Minggu (10/11/2019). FOTO/SINDOnews/SUHARJONO

GUNUNGKIDUL - Pemerintah kini tengah berupaya keras menanggulangi radikalisme yang berkembang di Indonesia. Butuh dialog antarormas keagamaan untuk mencegah paham yang bisa merusak harmoni keberagaman tersebut.

Hal ini disampaikan tokoh masyarakat Kabupaten Gunungkidul Mayor Sunaryanto dalam diskusi dengan Majelis Umat Kristiani Indonesia (MUKI), Minggu (10/11/2019). "Di Gunungkidul harus dibangun komunikasi antarormas, baik Islam maupun ormas agama lain, semua harus duduk bersama," katanya.

Dengan adanya pertemuan antarormas keagamaan, maka persoalan-persoalan radikalisme hingga toleransi umat beragama bisa teratasi dengan baik. "Semua perlu jalinan komunikasi yang baik. Latar belakang bisa dikupas bersama sehingga hidup rukun antarumat beragama bisa terwujud," kata Sunaryanto.



Ketua MUKI Gunungkidul, Titus Haribowo mengatakan, Indonesia dibangun atas kesadaran bersama antarumat beragama. Dengan demikian gerakan bersama gotong-royong dan toleransi antarumat beragama harus terwujud.

"Kami sepakat dengan tawaran dialog antara ormas keagamaan di Gunungkidul yang dilontarkan Mayor Sunaryanto," katanya.

Dia berharap kehidupan beragama di Gunungkidul bisa tetap rukun dan menghormati perbedaan menjalankan ibadah. "Kami sepakat radikalisme harus dicegah di Gunungkidul," katanya.



(amm)

loading...