BKN Pastikan Server Siap untuk Pendaftaran Seleksi CPNS Besok

Minggu, 10 November 2019 - 13:18 WIB
BKN Pastikan Server Siap untuk Pendaftaran Seleksi CPNS Besok
Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan mulai dibuka pada Senin (11/11/2019) besok. FOTO/DOK/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan mulai dibuka pada Senin (11/11/2019) besok. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan infrastruktur pendukung seleksi CPNS telah siap semua.

"Server BKN siap. Dukcapil juga siap (untuk verifikasi NIK)," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana melalui pesan singkatnya, Minggu (10/11/2019).

Dia mengatakan, BKN juga telah siap mengantisipasi jutaan pendaftar seleksi CPNS. Menurutnnya, pada 2018, pendaftaran mencapai angka 4,5 juta. "Antisipasi di angka itu (4,5) juta," tuturnya.

Dengan waktu pendaftaran yang cukup panjang, dia berharap tidak akan menumpuk di hari pertama. Dia menilai di hari pertama para pelamar hanya akan melihat-lihat terlebih dahulu.

"Hari pertama diperkirakan peserta akan window shopping dulu. Melihat lowongan dan menghitung potensi kompetisinya. Antisipasi pendaftaran pada hari-hari terakhir. Mereka sudah banyak belajar dari pengalaman tahun lalu," tuturnya.

Tahun ini pemerintah akan akan membuka 152.286 formasi. Dengan rincian instansi pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 kementerian/lembaga. Dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 pemerintah daerah.

Menurut Bima, tidak semua instansi membuka pendaftaran seleksi CPNS besok. Bima mengatakan, salah satu instansi yang belum akan diumumkan pendaftaran adalah Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Selain itu juga untuk Pendidikan Tinggi (Dikti) juga belum selesai menuntaskan penggabungan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Dikti belum selesai (merger organisasi) tapi Kemendikbud akan diumumkan. Kemenkeu rencananya meminta diumumkan tanggal 13 November karena akan dipresentasikan ke pimpinan dahulu," ungkapnya.

Saat ini berdasarkan data yang dimiliki BKN, masih ada 385 instansi yang melakukan pengisian formasi ke Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Kemudian 89 instansi masih divalidasi formasinya. Lalu 7 instansi tengah revalidasi instansi, dan 40 instansi menunggu pendaftaran dibuka.

"Diharapkan bisa selesai validasi malam ini dan diumumkan besok. Yang belum selesai karena revisi formasi, pengumumannya akan menyusul," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2691 seconds (0.1#10.140)