alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Warga Solo Berebut Kuliner Gratis Khas Sulawesi Selatan

Ary Wahyu Wibowo
Warga Solo Berebut Kuliner Gratis Khas Sulawesi Selatan
Ratusan warga yang rela berdesak desakan untuk mendapatkan makanan yang disiapkan dalam Festival Kuliner Sulawesi Selatan di Loji Gandrung, Solo seru, Minggu (10/11/2019) pagi. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO

SOLO - Festival Kuliner Sulawesi Selatan yang digelar di Loji Gandrung, Solo berlangsung seru, Minggu (10/11/2019) pagi. Berbagai jenis makanan khas Sulawesi Selatan dalam waktu singkat habis menjadi rebutan warga setelah acara resmi dibuka ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo sekitar pukul 09.00 WIB.

Ratusan warga telah menunggu sejak sekitar pukul 07.00 WIB. Masyarakat nampak antusias meski harus menunggu sekitar dua jam di depan pintu gerbang Loji Gandrung yang merupakan Rumah Dinas Wali Kota Solo. "Ada 21 item jenis makanan yang disediakan. Satu item minimal 3.000 pack," kata Hj Musdalifah Pangka, Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Jawa Tengah di sela acara.

Makanan khas yang disajikan antara lain es pisang ijo, kue loppis, es pallu butung, barongko, alangkote, sikaporo, katerisala, kue pelita, bandarbandang, cuccuru bayao, toraja kopi susu, dadara balanda, jipang, bejekaddo, biji nangka, baruasa, deppa tori. Meski makanan yang disajikan porsi mini, harapannya masyarakat tetap dapat menikmati.



Festival kuliner semacam ini telah dua kali dilakukan di Jawa Tengah. Harapannya masyarakat Solo dan Jawa Tengah menjadi lebih kenal bahwa KKSS hadir di tengah tengah mereka. "Sesuai falsafah, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Kami orang Sulawesi Selatan, tapi warga Jawa Tengah," katanya.

Pihaknya juga ingin masyarakat Jawa Tengah lebih mengenal makanan khas Sulawesi Selatan. Makanan khas yang ditampilkan antara lain dari Palopo, Toraja, Makkasar, dan Bugis. Festival kuliner yang diselenggarakan kali ini lebih banyak makanan kecilnya.

"Makanan khas Sulawesi Selatan kan yang terkenal Coto Makkasar dan Kondro. Kalau itu, kami takut tumpah karena berkuah," katanya.

Festival kuliner sekaligus rangkaian menyambut Musyawarah Besar Ke-XI KKSS 15-17 November 2019 di Solo, dan peringatan Hari Pahlawan.



(amm)

loading...