alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Preview Liverpool vs Manchester City: Menguji Mental Juara

Yova Adhiansyah
Preview Liverpool vs Manchester City: Menguji Mental Juara
Liverpool akan menjamu Manchester City di Stadion Anfield, Minggu (10/11/2019) malam nanti. FOTO/SKYSPORT

LIVERPOOL - Pertandingan akbar akan tersaji pada pekan ke-12 Liga Inggris 2019/2020, Minggu (10/11/2019) malam nanti. Laga antara Liverpool dan Manchester City di Stadion Anfield dipastikan akan mendidih sepanjang pertandingan berlangsung.

Saat ini Liverpool masih menjaga posisinya di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 31 poin atau unggul enam angka dari City. Enam poin yang memisahkan dua kesebelasan di puncak klasemen setelah 11 pertandingan inilah yang mengundang atensi penggemar.

Selain itu, adu taktik antara kedua pelatih pun menarik untuk dinantikan. Keberadaan Juergen Klopp di Liverpool dan Pep Guardiola bersama City memungkinkan untuk kedua kesebelasan memberikan kejutan-kejutan yang bisa mengubah jalan dan hasil pertandingan.



Liverpool maupun City sama-sama mengecilkan anggapan bahwa bulan November ini bisa dijadikan sebagai gambaran sebagai penentuan gelar juara Liga Inggris musim ini. Tetapi tidak ada keraguan, hasil yang terjadi pada laga ini akan memiliki dampak besar dalam perubahan di klasemen.

Perbedaan memulihkan defisit sembilan atau tiga poin memiliki pengaruh yang sangat besar, baik secara realistis maupun psikologis. Jadi bagi City, merebut tiga poin menjadi harga yang tak bisa ditawar lagi seperti yang pernah mereka lakukan pada Januari lalu.

Tetapi sejak dimulainya kompetisi Liga Inggris 2019/2020, gambaran tentang kekuatan City telah bergeser ke Liverpool. Sejauh ini Si Merah telah memenangkan 16 dari 18 pertandingan mereka di semua kompetisi musim ini. Sebanyak 10 pertandingan di antaranya berhasil dimenangkan pasukan Klopp di kompetisi domestik.

Jika Liverpool berhasil merebut kemenangan pada laga nanti, mereka setidaknya mampu menyamai rekor perjalanan terbaik di awal musim yang pernah diukir saat memenangkan gelar pada 1990. Mengenai skenario pemain yang akan diturunkan, Klopp sepertinya tidak akan melakukan banyak perubahan.

Di lini depan, Klopp tetap mengandalkan trisulanya yakni Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Pelatih asal Jerman itu harus sebisa mungkin memertahankan trio lini depan Liverpool mengingat produktivitas gol mereka sangat ditakuti.

Tercatat, trisula Liverpool (Salah, Mane, dan Firmino) telah membukukan 17 gol dalam 17 pertandingan di Anfield. Statistik tersebut tentunya patut diwaspadai lini pertahanan City.

Yang perlu diwaspadai Klopp adalah lini pertahanan. Pelatih berkacamata itu harus mempertimbangkan opsi bek tengah mengingat Joel Matip masih absen. Dejan Lovren tampaknya yang paling mungkin untuk memimpin di depan Joe Gomez bersama Virgil van Dijk.

Prakiraan Susunan Pemain
Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane
Man City: Bravo; Walker, Otamendi, Fernandinho, Mendy; De Bruyne, Gundogan, Bernardo; Mahrez, Aguero, Sterling



(amm)

loading...