alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Menuju Salatiga Satu Data, Diskominfo Buat Portal Informasi

Angga Rosa
Menuju Salatiga Satu Data, Diskominfo Buat Portal Informasi
Suasana workshop data statistik sektoral 2019 menuju satu data Kota Salatiga yang digelar Diskominfo Kota Salatiga. Foto/IST

SALATIGA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Salatiga membuat portal informasi data statistik dengan alamat dataku.salatiga.go.id yang datanya berasal dari organisasi perangkat daerah terkait.

Ini salah satu langkah yang dilakukan Pemkot Salatiga dalam mendukung kebijakan satu data Indonesia dan menuju Salatiga satu data.

Kepala Diskominfo Kota Salatiga Nasirudin mengatakan, pengelolaan data statistik sektoral merupakan salah satu inisiasi dari kebijakan satu data Indonesia yang sangat dibutuhkan untuk menyatukan seluruh informasi data statistik yang diproduksi oleh berbagai produsen data secara terintegrasi. Sehingga tidak terdapat lagi perbedaan dan tumpang tindih data statistik.



"Jadi hanya ada satu referensi data yang dijadikan acuan atau pegangan dalam pembuatan kebijakan strategis, maupun penerbitan perizinan. Saya berharap dengan adanya portal informasi data statistik ini, kita dapat menyusun tata kelola data statistik yang baik sehingga dapat digunakan sebagai acuan dan pedoman penyusunan perencanaan pembangunan daerah," katanya, Sabtu (9/11/2019).

Sementara itu, Kabid Persandian dan Telekomunikasi Diskominfo Kota Salatiga Yulis Oreyano menyatakan, Diskominfo telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan satu data Kota Salatiga. "Kami berharap semua organisasi perangkat daerah dapat secara aktif melakukan sharing data utamanya data spasial (sektoral) secara kontinyu," ujarnya



(nun)

loading...