Ribuan Rumah di Batang Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

Minggu, 27 Januari 2019 - 07:47 WIB
Ribuan Rumah di Batang Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi
Kawasan Alun-alun Kabupaten Batang terendam banjir, Minggu (27/1/2019). Foto/IST
A A A
BATANG - Curah hujan yang tinggi sejak Sabtu (26/1/2019) hingga Minggu (27/1/2019) pagi di wilayah Kabupaten Batang mengakibatkan ribuan rumah di 9 kelurahan dan desa, Kecamatan Batang, terendam banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi mengatakan, wilayah yang terendam banjir rata-rata mencapai ketinggian 1 meter sampai dengan 1,5 meter.

"Ada 9 kelurahan dan desa yang terendan banjir, meliputi Kelurahan Proyonanggan Tengah, Kauman Karanganyar, Watusatit, Desa Kalipucang Wetan, Kalipucang Kulon, Klidang Lor Klidan Wetan," sebut Ulul, Minggu (27/1/2019) pagi.

Dia menjelaskan, untuk pengungsi sementara yang terdata di posko sedikitnya ada 1.000 orang. Mereka meninggalkan rumah untuk mencari keselamatan.

Pemkab Batang saat ini sudah mendirikan empat posko pengungsian yakni di Pendopo Kabupaten, Kecamatan Batang, Posko Kelurahan Karangasem Utara. Kemudian ada juga posko di Masjid Baiturahman Kelurahan Watusalit.

Ribuan Rumah di Batang Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi


Bupati Batang Wihaji mangatakan, dalam keadaan darurat pihaknya sudah memerintahkan BPBD dan semua OPD untuk bergerak menanggulangi korban banjir yang diperkirakan terbesar selama ini.

"Saya langsung turun ke rumah korban banjir. Tindakan daruratnya kita ungsikan masyarakat korban banjir di posko penungsian yang dilengkapi dengan tim kesehatan serta dapur umum. Bagi masyarakat korban banjir yang sakit akan kita bawa ke rumah sakit. Relawan BPBD, PMI sudah kita sebar ke titik-titik banjir," kata Wihaji.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8135 seconds (0.1#10.140)