Lokasi di Pantai Ancol, Masjid Apung Pertama di Jakarta Segera Hadir

Sabtu, 09 November 2019 - 13:30 WIB
Lokasi di Pantai Ancol, Masjid Apung Pertama di Jakarta Segera Hadir
Maket bangunan masjid apung pertama di Jakarta yang dibangun di wilayah Pantai Ancol. Foto/Dok.Ancol
A A A
JAKARTA - Berada di wilayah Pantai Ancol, masjid apung pertama di Jakarta segera dibangun. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) selaku pengelola kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, melakukan seremoni pemancangan tiang pertama, Sabtu (9/11/2019).

Seremoni pemancangan tiang pertama ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Masjid Indonesia Pusat HM Jusuf Kalla, jajaran direksi Ancol, serta Konsultan Arsitek Perencana Masjid Apung Ancol Andra Matin.

Departement Head Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Rika Lestari dalam keterangan tertulisnya mengatakan, proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan memakan waktu satu tahun, mulai dari pelaksanaan pemancangannya (ground breaking).

Lokasinya yang menjorok dari daratan menjadikan masjid ini bangunan yang unik dan satu-satunya di Jakarta. Nantinya area masjid memiliki luas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang jamaah.

Bangunan akan berbentuk segi lima, tinggi 25 meter dan di sisi luar masjid akan terdapat 6 buah minaret (menara). Masjid Apung Ancol didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi ikon baru Kota Jakarta.

Selain pembangunan masjid apung, Ancol juga sedang menyelenggarakan Sayembara Gagasan Desain Masjid Apung. Sayembara ini memberikan kesempatan kepada arsitek-arsitek muda untuk dapat berkarya dan mengembangkan idenya terutama dalam bangunan masjid.

Hadiah yang disiapkan hingga ratusan juta rupiah untuk pemenangnya. Desain dari pemenang sayembara tersebut nantinya akan menjadi acuan bagi Ancol dalam mengembangkan atau membangun Masjid Apung lainnya di kemudian hari.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8778 seconds (0.1#10.140)