Menyusuri Lukisan Karya Gus Mus di OHD Museum Magelang

Sabtu, 26 Januari 2019 - 23:30 WIB
Menyusuri Lukisan Karya Gus Mus di OHD Museum Magelang
Sejumlah tokoh melihat lukisan karya Gus Mus yang dipamerkan di OHD Museum Magelang, Sabtu (26/1/2019). FOTO/IST
A A A
MAGELANG - Di tengah ingar bingar suasana kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Tanah Air, selalu saja muncul tokoh yang membuka kran kemanusiaan agar kita tetap menjaga kewarasan akal dan batin. Sebagai ruang pemeriksa keadaan, seni dianggap tepat untuk dihadirkan agar siapa pun kembali menilik relung terdalamnya sebagai manusia.

Siapa yang tidak kenal KH Mustofa Bisri, ulama yang seringkali diberi label sebagai budayawan. Bahkan karya-karyanya, baik itu puisi, cerpen maupun lukisannya tidak bisa dihilangkan dari jajaran seniman-seniman terkemuka negeri ini. Sudah puluhan tahun puisi maupun cerpennya memenuhi rubrik sastra koran nasional. Dua genre seni tersebut juga seolah menarik bakat lain kiai asal Rembang itu, melukis. Ruang-ruang pameran pun sering dihinggapi.

Sebagaimana puisinya, karya-karya pria yang karib disapa Gus Mus itu memang memiliki napas tersendiri, yang dia istilahkan sebagai balsem, membuat panas namun justru dicari saat sakit melanda. Harapan itu pula yang dilahirkan saat Gus Mus memamerkan sejumlah lukisannya di OHD Museum, Magelang. Seolah cerminan sikap Gus Mus, Manusia dan Kemanusiaan diangkat sebagai tema pameran yang berlangsung 26 Januari hingga 15 April 2019 itu.

"Beliau resah dengan nuansa yang berkembang di tanah air, seolah-olah kita sebagai manusia sudah kehilangan sisi kemanusiaan dengan banyaknya hoaks dan saling menjelekkan," kata Oei Hong Djien, pemilik OHD Museum, Sabtu (26/1/2019).

Sekitar 50 karya lukis dan instalasi dipamerkan yang semuanya merujuk pada tema. 50 karya tersebut dibagi dalam tiga cluster, Old Master, Kontemporer, dan ruang Gus Mus. Old Master diisi karya pelukis pioneer lukisan modern tanah air yang almarhum, dari Affandi hingga Hendra Gunawan. Ruang Kontemporer diisi lukisan dari Djoko Pekik hingga instalasi Butet Kartaredjasa dan Fransisca.

"Semoga ini menggugah masyarakat dan pemimpin agar bisa melihat kenyataan dari sisi lain. Dan inilah reportoar Gus Mus," katanya.

Sejumlah tokoh dan pejabat tampak hadir dalam acara pembukaan, di antaranya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menristek Dikti M Natsir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro hingga seniman ternama Nasirun, Djoko Susilo, Joko Pinurbo hingga Trianto Triwikromo.

"Ini gagasan kita semua. Karena yang merasakan kegelisahan itu tidak hanya saya sendiri. Banyak manusia tercerabut kemanusiaannya. Mungkin karena dunia sudah terlalu tua. Manusia menjadi memprihatinkan. Agama yang mestinya mendekatkan kini justru menjauh. Saya pribadi bersyukur, pejabat mempunyai seni," kata Gus Mus.

Melihat sejumlah pejabat berkumpul dengan seniman, Gus Mus berangan-angan betapa gagahnya jika kebudayaan menjadi panglima politik Tanah Air. Terlebih telah lahir anggapan kebudayaan merupakan benteng terakhir bangsa, meski rapuh.

"Sekali kali budaya sebagai panglima. Daripada kita menjadi manusia gagah tetapi tidak berdaya. Pilihan apapun pilihan Anda, jangan tinggalkan kemanusian Anda. Tetap menjadi manusia," katanya.

Perpaduan antara karya, ruang serta pemilik museum membuat daya magis tersendiri gelaran pameran itu. Sosok Oei Hong Djien (OHD) sendiri cukup populer di kalangan pelukis sebagai kolektor lukisan-lukisan elit. Tidak heran, dengan selera seninya yang tinggi sekaligus gaya bergaulnya yang ceplas ceplos membuat banyak orang terpana, Ganjar Pranowo salah satunya.

"Orang yang masuk museum ini akan banyak belajar, OHD orang yang sangat serius pada hobinya ini sehingga dia bisa bercerita satu persatu filosofi karya yang ada hingga cerita turunannya," katanya.

Museum ini, kata Ganjar, sudah mengajak orang untuk mengasah otak dan hatinya dengan menikmati karya yang sangat ekspresif. Ganjar yang menyusuri satu per satu lukisan di tiga cluster itu berkali-kali berdecak kagum, terlebih setelah mengerti nilai filosofis per karya dari OHD.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5283 seconds (0.1#10.140)