Mahasiswa Amikom Masuk 4 Besar Wreck Information Technology 2019

Jum'at, 08 November 2019 - 09:13 WIB
Mahasiswa Amikom Masuk 4 Besar Wreck Information Technology 2019
Tim ROP Amikom masuk empat besar WRECK IT di Jakarta, Selasa (5/11/2019). Foto : Dok Amikom Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Dua mahasiswa Teknik Komputer Universitas Amikom Yogyakarta Muh Fani Akbar dan Bayu Fedra yang tergabung dalam tim R.O.P Universitas Amikom Yogyakarta masuk peringkat 4 dalam kompetisi Wreck Information Technology (WRECK-IT) 2019 di Akmani Hotel, Jakarta Selasa (5/11/2019).

WRECK-IT merupakan kompetisi dan seminar dalam bidang kemanan siber yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Sandi Negara bekerjasama dengan Bank Sinarmas. WRECK-IT ini menghadirkan perlombaan Capture The Flag (CTF), Cyber War Games (CTF) dan seminar tentang Tren Keamanan Siber oleh para pakar keamanan siber.

“Berbagai narasumber dan pakar di bidang keamanan siber dihadirkan dalam kegiatan tersebut, di antaranya Anton Setiyawan (Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN), pakar keamanan siber Gildas Deograt Lumy, dan Onno W Purbo,” kata Muh Fani Akbar dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Jumat (8/11/2019).

Bayu Fedra menambahkan WRECK-IT diawali dengan babak penyisihan Capture The Flag yang dilaksanakan secara online dengan sistem Jeopardy. Pendaftaran CTF gratis dengan total hadiah 45 juta rupiah.

“Pada lomba ini di ikuti lebih dari 160 tim. Sembilan tim terbaik dengan poin tertinggi pada kompetisi CTF akan melanjutkan ke babak final bersama satu tim dari Bank Sinarmas,” terangnya.

Di babak final tersebut, sepuluh tim terbaik bertanding dalam Cyber War Games, yaitu kompetisi simulasi dalam melakukan serangan dan membobol sistem yang telah disediakan. Beberapa hal yang diasah dalam Pada kompetisi ini adalah terkait dengan bidang reverse engineering, cryptography, web application security, penetration testingdan lain-lain. “Team R.O.P Universitas Amikom Yogyakarta masuk final dan menempati peringkat 4," paparnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1477 seconds (0.1#10.140)