alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begini Pesan Sultan HB X ke Bupati Kulonprogo yang Baru Dilantik

INews.id
Begini Pesan Sultan HB X ke Bupati Kulonprogo yang Baru Dilantik
Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat melantik Sutedjo menjadi bupati Kulonprogo periode 2017-2022 di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (7/11/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA - Sutedjo resmi dilantik menjadi Bupati Kulonprogo periode 2017-2022 di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (7/11/2019). Pelantikan dilakukan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X .

Sutedjo sebelumnya menjabat wakil bupati Kulonprogo menggantikan Hasto Wardoyo yang ditunjuk Presiden sebagai Kepala BKKBN.

Dengan pelantikan ini, Kulonprogo telah memiliki nakhoda sekaligus navigator baru untuk mewujudkan visi dan misi menuju ‘Kulonprogo Sehat’ dengan tagline ‘Membangun Desa Menumbuhkan Kota’ dalam filosofi Tirto Margo Saras.



“Visi Kulonprogo Sehat harus diimplementasikan lewat misi peningkatan derajat kesehatan rakyat. Seperti mendekatkan akses pelayanan kesehatan, misalnya layanan puskesmas 24 jam,” ujar Sultan saat pelantikan, Kamis (7/11/2019).

Sultan berpesan agar pemimpin yang baru bisa mengikuti perubahan karakter untuk bergerak mengikuti publik. Seorang pemimpin tiadalah bermakna bila tak memiliki keteladanan. Pemimpin wajib menjalankan leadership by example dan di sisi lain harus bisa berperan sebagai work leader.

“Jadilah pemimpin yang bekerja di lapangan tidak hanya duduk di depan meja. Pastikan target dan sasaran sudah bisa tercapai,” katanya.

Sultan mengatakan, menyiasati perubahan tidak mesti harus selalu mengikuti perubahan. Karena sejarah mencatat, yang bertahan yakni mereka yang mengenal baik kemampuan pribadi dalam menghadapai situasi seburuk apapun.

“Kepemimpinan yang melayani menuntut perubahan karakter untuk bergerak melayani kepentingan publik,” ucapnya.

Menurutnya, seorang pemimpin harus memiliki akuntabilitas, tanggung jawab dan dapat diandalkan. Pemimpin efektif harus diawali dari visionary role menuju pada penerapannya.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo Sutedjo mengaku akan mendayagunakan segala kemampuan untuk menyambut kedatangan Bandara YIA. Momentum ini akan dimanfaatkan daerah untuk kesejahteraan rakyat. Apalagi saat ini, banyak investor yang tertarik untuk masuk di Kulonprogo.

“Kami akan upayakan konektivitas semaksimal mungkin dengan bandara dan dalam hal ini bekerja sama dengan pusat,” katanya.



(nun)

loading...