Sleman Kembangkan Gerakan Sekolah Menyenangkan

Kamis, 07 November 2019 - 16:20 WIB
Sleman Kembangkan Gerakan Sekolah Menyenangkan
Pemkab Sleman melakukan teleconference dengan sekolah yang melaksanakan GSM di Smart Room Diskominfo Sleman, Kamis (7/11/2019). FOTO/HUMAS PEMKAB SLEMAN
A A A
SLEMAN - Pemkab Sleman menggelar teleconference dengan delapan sekolah yang melaksanakan program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Smart Room, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sleman, Kamis (7/11/2019). Kegiatan ini untuk mengetahui secara langsung bagaimana sekolah itu melaksanakan program GSM.

Delapan sekolah yang dipantau melalui teleconference adalah SDN Karangmloko 2 Ngaglik, SDN Banyurejo 2 Tempel, SDN Karangnongko 1 Kalasan, SDN Turi 3, SDN Purworejo Pakem, SMPN 2 Sleman, SMPN 2 Godean, dan SMPN 4 Prambanan.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai strategi percepatan perwujudan pendidikan berkualitas di Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman Sri Wantini soal kegiatan tersebut.

Sri Wantini menjelaskan, GSM merupakan transformasi proses belajar mengajar seperti lingkungan yang memberi ruang pengembangan fisik dan emosi, cara mengajar guru, kenyamanan sekolah serta pengembangan karakter. "Di Sleman saat ini ada 25 sekolah model GSM. Terdiri dari 17 SD dan delapan SMP," katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman, Sumadi menambahkan, GSM bertujuan menyiapkan lingkungan sekolah agar proses belajar berjalan menyenangkan guna meningkatkan mutu pendidikan. Program ini melibatkan peran guru, siswa aktif dan juga peran orang tua. GSM saat ini masih dalam tahap uji coba. Jika berhasil, maka akan diterapkan di seluruh sekolah yang ada di Sleman.

"Dengan GSM, siswa datang sekolah bukan karena keterpaksaan, tapi karena mereka sudah merasa senang untuk ke sekolah," katanya.

Sumadi berharap dengan GSM, potensi-potensi yang ada pada anak, baik pendidikan karakter, integritas, minat bakat, aspek komunikasi, relasi dan lainnya dapat muncul dan dikembangkan di sekolah.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2192 seconds (0.1#10.140)