Tebing Longsor Diguyur Hujan, Batu Besar Tutup Jalan Ayah-Karangbolong

Kamis, 07 November 2019 - 12:12 WIB
Tebing Longsor Diguyur Hujan, Batu Besar Tutup Jalan Ayah-Karangbolong
Warga bersama petugas Tagana dan TNI bergotong royong menggeser batu besar yang menutupi badan jalan di Kabupaten Purworejo, Kamis (7/11/2019). Foto/iNews/Joe Hartoyo
A A A
KEBUMEN - Jalan Raya Ayah-Karangbolong di Desa/Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen tertutup batu besar yang longsor, Rabu (6/11/2019) malam. Jalan tersebut sempat tidak bisa dilewati kendaraan roda empat tapikini batu sudah bisa dipinggirkan.

Longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah ini sejak Selasa (5/11/2019) kemarin. Batu besar dengan berat sekitar 1,5 ton yang berada di tebing setinggi 15 meter itu, longsor ke badan jalan. Beruntung longsor terjadi malam hari di saat jalan dalam kondisi sepi sehingga tidak ada korban jiwa.

Akibat kejadian ini, jalan menuju Karang Bolong ditutup. Kendaraan roda empat tidak bisa melintas, hanya kendaraan roda dua saja bergantian. Antrean kendaraan pun sempat terjadi.

"Yang bisa melewati jalan hanya sepeda motor karena jalan sempat tertutup batu besar yang longsor dari atas tebing," kata petugas Tagana Kebumen, Sukamsi, Kamis (7/11/2019).

Dia mengatakan, warga dibantu petugas Tagana serta aparat TNI dan Polri berusaha keras menyingkirkan batu besar dengan alat seadanya. Mereka juga sempat berusaha menghancurkan batu besar, tapi tidak banyak berpengaruh. Warga dan petugas akhirnya beramai-ramai menggeser batu besar tersebut ke pinggir jalan sehingga lalu lintas kembali lancar.

"Setelah kami beramai-ramai menggeser batu besar ke pinggir jalan, jalan sudah bisa dilalui kendaraan roda empat. Lalu lintas sudah lancar," kata Sukamsi.

Memasuki musim penghujan, longsor berpotensi terjadi di Kabupaten Purworejo. Warga diimbau untuk berhati-hati dan waspada, terutama di kawasan-kawasan yang rawan longsor.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8968 seconds (0.1#10.140)