Eksperimen Bikin Kue Cokelat di Luar Angkasa

Rabu, 06 November 2019 - 12:30 WIB
Eksperimen Bikin Kue Cokelat di Luar Angkasa
Mencoba membuat kue cokelat di luar angkasa. Foto/IST
A A A
NEW YORK - Cita-cita sebagai astronaut banyak diimpikan banyak orang. Sebab, hanya sedikit orang di Bumi yang punya kesempatan untuk pergi ke luar angkasa. Memang terlihat menyenangkan. Tapi pada kenyataan tidak semudah itu.

Di luar betapa nyaman dan menyenangkannya melihat Bumi dan bintang dari atas sana, tetap saja nyawa menjadi taruhannya. Selain itu, kenyamanan di rumah tetap tidak tertandingi setelah sekian lama di angkasa.

Jika dibayangkan, banyak hal yang biasa dilakukan di Bumi, tidak bisa dilakukan di sana. Misalnya saja hal kecil seperti menikmati kue cokelat. Para astronaut mungkin sangat merindukan menikmati kue cokelat buatan keluarga.

Maka dari itu, pasca diterbangkannya pesawat ruang angkasa kargo bernama Cygnus pada akhir pekan lalu, NASA mengkonfirmasi bahwa pesawat tersebut telah berhasil mendarat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Mengutip laman Slashgear, Selasa (5/11/2019), Cygnus kabarnya membawa satu unit oven khusus serta bahan-bahan membuat kue. Semua barang itu dibawa sebagai bagian dari eksperimen yang dilakukan oleh DoubleTree by Hilton yang berkolaborasi dengan Zero G Kitchen.

Kedua perusahaan tersebut berkolaborasi untuk mencoba membuat kue cokelat di luar angkasa. Kue cokelat tersebut menjadi kue pertama yang diolah di luar Bumi. Cara penyajiannya tentu tidak bisa disamakan dengan cara yang biasa dilakukan di Bumi. Maka membutuhkan oven khusus di lingkungan tanpa gravitasi.

Namun, para astronaut masih harus bersabar melepas kerinduan untuk menikmati kue cokelat itu. Mereka tidak bisa langsung memakannya, karena masih dalam tahap penelitian.

Kue cokelat yang sudah jadi harus dikirimkan kembali ke Bumi agar peneliti dapat melakukan analisa lanjutan, terkait hasil olahan kue cokelat di luar angkasa. Pekerjaan ini membuka jalan baru dalam memanggang kue di masa depan.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0997 seconds (0.1#10.140)