alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gandeng Pataga, Taksi Blue Bird Resmi Beroperasi di Yogyakarta

suharjono,
Gandeng Pataga, Taksi Blue Bird Resmi Beroperasi di Yogyakarta
Direktur Blue Bird Adrianto Djokosoetono bersama Ketua KSU Pataga Sujarwo Candra menunjukkan taksi Blue Bird Pataga yang resmi meluncur di Yogyakarta. FOTO/SINDOnews/SUHARJONO

YOGYAKARTA - Koperasi Serba Usaha (KSU) Pataga bersama Blue Bird akhirnya mengoperasionalkan taksi argometer bersama di Yogyakarta. Sebanyak 25 taksi berwarna khas biru ini mulai hari ini mengaspal di Kota Gudeg.

Operasional bersama ditandai dengan peluncuran di Taksi Blue Bird Pataga di pool Blue Bird Jalan Janti, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (26/1/2019). Ketua KSU Pataga, Sujarwo Candra mengatakan, kerja sama dengan Blue Bird dilakukan lantaran Pataga mengalami kesulitan dalam manajemen pengelolaan. Konsep kerja sama yang ditawarkan Blue Bird diyakini akan membuat Pataga kembali berkibar.

"Langkah awal ada 25 unit yang dikelola Blue Bird. Ke depan kita akan tambah lagi sehingga menjadi satu manajemen," katanya di sela peluncuran Taksi Blue Bird Pataga. (Baca juga: PatagaTaksi Gandeng Blue Bird Perbaiki Manajemen)



Sujarwo menegaskan kerja sama yang dilakukan sebatas operasional manajemen, termasuk tarif dengan argometer. Berdasarkan SK Gubernur DIY nomor 96/Kep/2016, tarif taksi dimulai dari buka pintu Rp6.500, biaya per Km 3.900, dan waktu tunggu/jam 43.700.

"Saya berharap kerja sama ini bisa menjadi awal yang baik agar kami bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan mendukung pariwisata di Yogyakarta," katanya.

Direktur Blue Bird, Adrianto Djokosoetono mengatakan, konsep Kawan Blue Bird adalah bentuk kerja sama kemitraan. Dalam hal ini, Blue Bird tidak memiliki aset kendaraan. Sepenuhnya, kendaraan milik Pataga dan Blue Bird membantu dari aspek manajemen operasional.

"Kami hanya ingin membantu operator taksi di Yogyakarta, yaitu KSU PATAGA agar kembali bisa beroperasi dengan standar pelayanan yang baik, mulai armada dan standar pelayanan pengemudi agar mereka bisa memberikan terbaik kepada masyarakat," katanya.

Blue Bird, kata Adrianto, juga membuka kesempatan bagi pengelola atau operator taksi lainĀ  di Yogyakarta untuk ikut bekerja sama. "Sudah ada beberapa operator taksi lain, seperti Indra Kelana Taksi, Ria Taksi serta Afda taksi yang berusaha membicarakan kerja sama ini," katanya.

Menurutnya, Blue Bird akan berbagi bersama sehingga taksi masih bisa memberikan pelayanan. "Apalagi Yogya dengan pariwisata yang luar biasa, maka dibutuhkan layanan angkutan yang layak, pelayanan yang baik dan bertanggung jawab sehingga dipercaya," kata Ketua Umum DPP Organda ini.



(AMM)

loading...