alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Masukkan Cewek ke Kokpit, Pilot Ini Dilarang Terbang Seumur Hidup

Muhaimin
Masukkan Cewek ke Kokpit, Pilot Ini Dilarang Terbang Seumur Hidup
Chen Yuying, mahasiswi di China yang masuk kokpit pesawat Air Guilin selama penerbangan. Aksinya membuat pilot pesawat terkena sanksi terbang seumur hidup. Foto/South China Morning Post

GUILIN - Gara-gara mengizinkan seorang cewek masuk kokpit, seorang pilot di China dilarang menerbangkan pesawat seumur hidup.

Peristiwa itu terjadi pada penerbangan Air Guilin 10 bulan lalu, tetapi foto yang diambil oleh gadis itu viral hari Minggu lalu. Gadis itu diidentifikasi bernama Chen Yuying, seorang mahasiswi yang berencana menjadi pramugari setelah lulus.

Chen, seorang mahasiswi tahun ketiga di Universitas Pariwisata Guilin, terlihat berpose duduk di kursi pilot di depan seperangkat teh."Saya sangat berterima kasih kepada pilot! Saya sangat senang!," bunyi tulisan dalam posting foto di weibo. Foto itu dilihat seseorang yang bekerja di industri penerbangan dan memicu keributan di antara spesialis penerbangan.



Foto tersebut menunjukkan bahwa itu diambil ketika pesawat berada di tengah penerbangan dan maskapainya telah diidentifikasi.

Pihak Air Guilin mengeluarkan pernyataan pada hari Senin yang mengonfirmasi bahwa pilot yang tidak disebutkan namanya tersebut telah melanggar peraturan keselamatan udara.

Maskapai mengakui bahwa kejadian itu berlangsung bulan Januari dalam penerbangan antara Guilin, di wilayah barat daya Guangxi ke Yangzhou, sebuah kota di provinsi timur Jiangsu. "Air Guilin telah memutuskan untuk melarang pilot terbang seumur hidup," bunyi pernyataan maskapai, seperti dikutip South China Morning Post, Selasa (5/11/2019).

"Anggota kru lainnya telah ditangguhkan dari (tugas) terbang tanpa batas waktu sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut," imbuh pernyataan maskapai.

“Air Guilin selalu mementingkan keselamatan penumpang, dan kami memiliki toleransi nol untuk setiap tindakan yang tidak pantas dan tidak profesional yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan."

Peraturan penerbangan sipil China mengizinkan penumpang non-kru di kokpit hanya jika entri mereka diperlukan dan kondusif untuk keselamatan penerbangan.

Tahun lalu seorang pilot Donghai Airlines diskors dari tugas terbangnya selama enam bulan dan didiskualifikasi sebagai pelatih terbang karena mengizinkan istrinya memasuki kokpit.



(nun)

loading...