Minum Jus Batang Pohon Pisang bisa Atasi Diabetes dan Anemia

Selasa, 05 November 2019 - 07:30 WIB
Minum Jus Batang Pohon Pisang bisa Atasi Diabetes dan Anemia
Tahukah kamu, teryata selain buahnya pohon pisang juga kaya akan manfaat dan berkhasiat mengobati beberapa penyakit. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pohon pisang ternyata juga kaya akan manfaat dan berkhasiat mengobati beberapa penyakit. Kandungan seratnya yang tinggi juga bisa membersihkan sistem pencernaan yang pada akhirnya berpengaruh pada pencegahan penyakit.

Di beberapa negara seperti India, Malaysia dan Thailand, batang dan bunga pisang biasa dimasak dan dimakan. Namun, di Indonesia masih minim sekali yang mengonsumsi batang pisang.

Padahal menurut ahli gizi, batang pisang mengandung nutrisi seperti tanin, gula, vitamin A, vitamin B, vitamin C, saponin zat tpung, kalium, serotonin, hidrokitiptamin, dan neropinefrin.

Dihimpun dari berbagai sumber, lima manfaat batang pisang diantaranya;

Mencegah Batu Ginjal
Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah setiap harinya. Oleh karena itu, endapan kalsium dalam organ ini bisa menyebabkan munculnya batu ginjal. Namun hal itu bisa dicegah dengan cara alami yakni dengan memanfaatkan efek diuretik batang pohon pisang. Cara ini dipercaya bisa melancarkan buang air kecil dan membersihkan saluran ginjal.

Mencegah Kerusakan Dinding Lambung
Orang dengan keasaman harus sering minum jus batang pisang, karena mampu memberikan bantuan dari tingkat keasaman lambung. Cara ini diyakini efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding lambung.

Mengobati Diabetes
Karena jus batang pohon pisang bisa mengatur tingkat insulin dalam tubuh, hal ini sangat bermanfaat dalam mengobati penyakit diabetes. Minum jus batang pisang dengan tetap mempertahankan kandungan seratnya, mampu mencegah kadar gula dan menetralisir tensi darah.

Menyehatkan Sistem Pencernaan Tubuh
Batang pohon pisang bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah, karena kandungan vitamin B6. Oleh karena itu, bagi penderita anemia, mengonsumsi batang pohon pisang ini bisa dipercaya menjadi ramuan herbal untuk mengobati penyakit anemia.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6913 seconds (0.1#10.140)