Surveyor Simulasi Reakreditasi SNARS I Datangi RSUD Kalisari Batang

Senin, 04 November 2019 - 18:05 WIB
Surveyor Simulasi Reakreditasi SNARS I Datangi RSUD Kalisari Batang
RSUD Kalisari Batang sedang disurvei untuk diukur seberapa jauh kesiapan menghadapi reakreditasi 2019 yang akan berlangsung pada Desember mendatang. FOTO/DOK.rsudbatangkab.com
A A A
BATANG - Empat orang surveyor simulasi reakreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNAR) I akan melakukan survei selama empat hari di RSUD Kalisari Batang. Mereka berasal dari Komite Akreditasi Rumaha Sakit (KARS) Jakarta.

Kehadiran tim surveyor simulasi SNARS I ditemui Wakil Bupati Batang Suyono dan Direktur Rumah Sakit RSUD Kalisari Batang, Bhekti Mastiaji dan sejumlah jajaran manajemen rumah sakit, Senin (4/11/2019). Suyono berharap kehadiran tim surveyor tidak dijadikan momok menakutkan oleh pihak manajemen, karena pelayanan rumah sakit yang dilakukan sehari-hari sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur kesehatan yang ditetapkan oleh KARS.

"Kalaupun survei simulai ini ada saran dan masukan, kita harus terima dan segera diperbaiki secepatnya, ini semata agar pelayanan kesehatan di rumah sakit bisa tercapai maksimal dan masyarakat mendapatkan kepuasan dalam pelayanannya," kata Suyono.

Kepala Bidang Perawatan RSUD Kalisari Batang, Samuri menambahkan, tim survei simulasi akan melihat dan mengukur seberapa jauh kesiapan menghadapi reakreditasi 2019 yang akan berlangsung pada Desember mendatang. "Sesuai MoU dengan BPJS, rumah sakit harus diakreditasi ulang paling lambat 19 Desember pukul 00.00 WIB 2019," kata Samuri.

Samuri menegaskan pihak rumah sakit telah siap untuk disurvei. Selama RSUD Kalisari Batang telah berupaya melakukan pelayanan sesuai dengan standar yang ditetapkan KARS. "Hari ini tim survei sudah mulai bekerja untuk melakukan telaah dokumen. Tadi juga sudah ada paparan direktur rumah sakit, setelah itu surveyor menelusuri kebenaran dokumen yang salah satunya dengan menanyakan kepada dokter spesilis, staf rumah sakit, dan pasien secara acak," kata Samuri.

Tim surveyor reakteditasi dari KARS Jakarta terdiri dari dokter Hermin yang mensurvei manajemen rumah sakit, dokter Servianita, dokter Nilawati akan mensurvei pelayanan medis, dan Juva Manurung akan mengevaluasi kinerja keperawatan.

"RSUD Kalisari Batang sudah meraih Akreditasi Paripurna ketiga kali, yang dulu sudah akreditasi 7 standar paripurna, 12 standar paripurna, dan kemarin KARS paripurna. Harapannya Desember juga meraih Paripurna lagi," kata Samuri.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4773 seconds (0.1#10.140)