Tim ACI Evaluasi Aspek Keselamatan Bandara Adi Soemarmo Solo

Senin, 04 November 2019 - 14:15 WIB
Tim ACI Evaluasi Aspek Keselamatan Bandara Adi Soemarmo Solo
Direktur Operasi PT Angkasa Pura I Wendo Asroel Rose, Safety Manager APEX Programme, Juan Manuel Manriquez Vinas dan General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo Abdullah Usman saat memberikan keterangan pers terkait kegiatan Airport Excellent (APEX) in Safe
A A A
SOLO - PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo bekerjasama dengan Airports Council International (ACI) melaksanakan Airport Excellent (APEX) in Safety selama sepekan mulai 4-8 November 2019. Aspek keselamatan di Bandara Adi Soemarmo dievaluasi oleh tim auditor dari ACI.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I Wendo Asroel Rose mengemukakan, Bandara Adi Soemarmo dievaluasi oleh ACI terkait tingkat keselamatan penerbangan berdasarkan standar yang ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

“Tim Auditor dari ACI akan menilai aspek aspek mengenai standar operation procedure (SOP) dan implementasinya di lapangan,” kata Wendo Asroel Rose saat memberikan keterangan pers Airport Excellent (APEX) in Safety di Solo, Senin (4/11/2019).

ACI yang merupakan organisasi dunia terkait penyediaan informasi dan kebijakan yang dianjurkan untuk bandar udara serta membantu mengembangkan standar bandar udara. Bandara Adi Soemarmo merupakan bandara keenam yang dievaluasi oleh ACI. Sebelumnya, lima bandara di bawah manajemen PT Angkasa Pura I juga juga telah dievaluasi oleh ACI.

Yakni Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Sultan Hasannudin Makkasar dan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. “Ini sebuah komitmen kami meningkatkan pelayanan dari sisi keselamatan,” terangnya.

Kegiatan APEX in Safety nanti akan memberikan rekomendasi sebagai bentuk hasil review yang dilakukan. “Kegiatan ini tidak mencari kesempurnaan, tapi justru ingin melihat apa yang masih menjadi kekurangan,” paparnya.

Tim Auditor ACI terdiri dari manajemen bandara internasional dari berbagai negara di dunia. Member ACI sendiri mencapai sekitar 200 airport di dunia.

Sementara tim ACI yang melakukan (APEX) in Safety di Bandara Adi Soemarmo adalah Juan Manuel Manriquez Vinas selaku Safety Manager APEX Programme, Mohamed Ali Aman Bait Jamil selaku Airport Deputy Manager Oman Airport Management Company, Subrahmanyam Yedavalli Venkata selaku Airside Operation Delhi international Airport Limited.

Selain itu ada Anna Hung selaku Safety Manager Airport Authority Hongkong, Selvaraj Arumugam selaku Deputy General Manager Bangalor lntemational Airport Limited. “Kita punya kesempatan untuk networking dengan teman teman expert airport dari luar. Ada transfer knowladge dan sharing experiance,” katanya.

General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo Abdullah Usman mengemukakan, rekomendasi dari ACI nantinya akan dilaksanakan untuk memperkuat safety. “Apa yang kurang nanti akan dilengkapi agar mendapat lisensi dan dinyatakan bagus,” kata Abdullah Usman.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3272 seconds (0.1#10.140)