KA Bandara Solo Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun 2019

Senin, 04 November 2019 - 11:30 WIB
KA Bandara Solo Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun 2019
Menhub Targetkan KA Bandara Solo Beroperasi Akhir Tahun 2019. Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kereta Bandara Adisumarmo di Solo, Jawa tengah, ditargetkan sudah beroperasi sebelum tahun baru 2020. Hal ini ditegaskan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi setelah melakukan pengecekan terhadap konstruksi-konstruksi yang ada dan relatif sudah tidak ada masalah.

"Kita akan selesaikan ini di pertengahan Desember dan dioperasikan pada saat sebelum tahun baru. Kira-kira operasi tanggal 28 Desember," kata Menhub di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Pada kesempatan tersebut, Menhub meninjau langsung progres pembangunan kereta bandara yang berdampingan dengan jalan tol Trans Jawa dengan menggunakan kereta lori.

"Sekarang ini progresnya sudah 94%. Tinggal sedikit saja ada bagian tertentu yang belum terkoneksi, yaitu terkait adanya perlintasan jalan tol sehingga kita harus membuat jalan tambahan. Ada pula hambatan yang berkaitan dengan warga dan ada yang berkaitan dengan teknis," ujarnya.

Terkait tarif Kereta Bandara Adisumarmo, Menhub memastikan tidak akan menetapkan tarif yang menyusahkan masyarakat. "Tarif kita lagi akan pelajari. Sementara ini Rp10.000-Rp15.000 tapi nanti kita lihat seperti apa yang kita lakukan. Tentunya kita tidak akan memberikan layanan atau tarif yang menyusahkan masyarakat," papar Menhub.

Lebih lanjut Menhub menyampaikan, kehadiran KA Bandara di Solo merupakan perwujudan cita-cita pemerintah yang mendambakan adanya konektivitas antarmoda angkutan massal.

"Jadi saudara kita dari Klaten, Madiun, Sragen, dari arah utara itu bisa semakin mudah menggunakan antar moda, menggunakan kereta api atau mereka yang menggunakan bus dari Wonogiri dan daerah lainnya, bisa berhenti di Terminal Tirtonadi dan langsung naik kereta api," tambahnya.

Kereta Bandara Adisumarmo memiliki jalur sepanjang 12,997 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit. Dalam sehari akan terdapat sekitar 60 perjalanan kereta yang melayani dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Adisumarmo maupun sebaliknya, yang dilayani dengan dua set kereta api (trainset).

Adapun headway (jarak antar kereta) sekitar 37 menit. Menhub berharap ke depan headway ini dapat dipersingkat menjadi 24 menit. Hal ini dilakukan untuk lebih menarik minat masyarakat beralih ke kereta api untuk menuju bandara.

Turut mendampingi dalam kunjungan kerja di Solo yaitu Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, dan sejumlah pejabat dari Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0442 seconds (0.1#10.140)