alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Diet Rendah Lemak atau Rendah Karbohidrat, Mana yang Lebih Tepat?

Tedy Ahmad
Diet Rendah Lemak atau Rendah Karbohidrat, Mana yang Lebih Tepat?
Diet rendah lemak dan diet rendah karbohidrat sama-sama disukai banyak orang karena keberhasilannya, tetapi mana yang lebih baik dadri dua diet itu? Foto/Better Humans.

JAKARTA - Tren diet masih terus berlangsung dan digemari. Sejauh ini orang-orang tergila-gila dengan diet rendah karbohidrat dan rendah lemak.

Alasannya, tak lain karena kedua diet itu menjanjikan penurunan berat badan yang cepat dan telah berhasil menurunkan berat badan dengan mengikuti tren diet ini. Tetapi, pertanyaannya adalah mana yang lebih baik dan apa yang harus dipilih ketika mencoba menurunkan berat badan?

Pertama-tama, penurunan berat badan adalah tentang menciptakan defisit kalori yang dapat dicapai baik dengan mengonsumsi karbohidrat rendah atau rendah lemak. Anda hanya perlu mencatat kalori masuk dan keluar.



Anda tidak harus mengurangi kelompok makanan apa pun dari diet Anda. Jadi, apakah Anda mengikuti rendah karbohidrat atau rendah lemak, Anda akan kehilangan jumlah berat yang sama.

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford di California, mengikuti salah satu dari keduanya akan memberi Anda hasil yang sama.

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti melibatkan 600 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan mengikuti diet rendah lemak atau rendah karbohidrat. Setelah satu tahun, ditemukan bahwa orang-orang yang diet rendah karbohidrat dan rendah lemak kehilangan jumlah berat yang hampir sama.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menurunkan berat badan? Seperti dilansir Times of India, mengurangi asupan kelompok makanan apapun dapat menyebabkan defisiensi mikronutrien dan Anda akan bosan. Selain itu, tidak semua karbohidrat dan lemak buruk bagi kesehatan. Anda hanya harus membuat pilihan yang tepat.

Jika Anda mencoba membuat beberapa perubahan sehat dalam diet, maka kurangi asupan karbohidrat dan lemak dari diet Anda. Ingat! bahwa moderasi adalah kunci. Jika Anda tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah sedang, apapun jenis diet yang Anda ikuti, Anda tidak akan pernah bisa mengurangi berat badan. Jadi, cara ideal untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan kalori Anda.

Catatannya, Jika Anda menderita kelainan makan atau memiliki riwayat yang sama, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mencoba salah satu dari dua diet tersebut. Karena dapat berubah berbahaya bagi Anda.

Diet pasti penting ketika misi Anda adalah menurunkan berat badan, tetapi hal lain yang memainkan peran penting dalam menentukan kemajuan Anda adalah jumlah olahraga yang Anda lakukan, kualitas tidur Anda dan tingkat stres.



(mif)

loading...
Berita Terkait