Mendekati 2024, Peta Kolisi Baru Dinilai Akan Terbentuk

Senin, 04 November 2019 - 09:00 WIB
Mendekati 2024, Peta Kolisi Baru Dinilai Akan Terbentuk
Direktur Eksekutif IPR, Ujang Komarudin menilai, peta koalisi baru akan berubah jika sudah mendekati pemilu 2024, tak tergantung pada manuver. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peta koalisi baru akan berubah jika sudah mendekati pemilu 2024. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menilai, perubahan peta politik tak tergantung pada manuver Partai Nasdem yang telah beraksi menyambangi partai oposisi.

"Karena Jokowi sudah 2 periode dan tak bisa nyalon lagi, maka akan muncul figur-figur baru. Nah para figur atau tokoh baru itu perlu popularitas dan elektabilitas tinggi," kata Ujang saat dihubungi SINDOnews, Senin (4/11/2019).

Ujang menjelaskan, biasanya partai-partai politik akan mendukung tokoh yang probabilitas menangnya cukup besar. Sehingga, Peta politik pasti berubah dan akan mengikuti dinamika politik yang berkembang.

"Saat ini partai-partai masih penjajakan awal dan ingin mengorbitkan tokoh-tokoh yang akan diendorsnya," tutur dia.

Menurut Ujang, soal Nasdem telah berkimunikasi politik dengan PKS dan akan berkomunikasi politik dengan Demokrat dan PAN itu hak Nasdem. Langkah Nasdem itu ditengarai karena kecewa soal Jaksa Agung yang tidak diberikan ke Nasdem lagi.

Manuver Nasdem, dinilainya hanya awal dari perubahan peta politik baru nanti di 2024. "Semua kemungkinan masih bisa terjadi. Dan di politik apapun bisa terjadi," ujar Ujang menandaskan.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8372 seconds (0.1#10.140)