Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Jateng

Minggu, 03 November 2019 - 15:49 WIB
Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Jateng
Ilustrasi /SINDOnews
A A A
SEMARANG - Warga diminta meningkatkan kewaspadaan dengan potensi hujan lebat dan angin kencang yang diperkirakan terjadi di Jawa Tengah.

Selain itu, aktivitas pelayaran juga diimbau selalu berhati-hati karena tinggi gelombang cukup tinggi yakni mencapai 3,5 meter.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang, merilis informasi prakiraan cuaca pada hari ini Minggu (3/11/2019). Prakiraan cuaca berdasarkan pengamatan citra satelit yang berlaku pukul 07.00 - 19.00 WIB.

"Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat disertai petir dan didahului angin kencang di daerah pegunungan tengah, Pantura Tengah sisi selatan dan sebagian wilayah Jateng bagian timur pada siang/sore hari," kata forecaster BMKG, Gempita Icky Dzikrillah.

Cuaca Jawa Tengah pada umumnya berawan, hujan ringan-sedang tersebar di wilayah Jateng dengan waktu kejadian bervariasi mulai siang/sore hingga awal malam. Demikian pula cuaca di Kota Semarang umumnya berawan, berpotensi hujan ringan-sedang dengan waktu bervariasi mulai siang/sore hingga awal malam.

"Angin bertiup dari arah utara - tenggara dengan kecepatan 10 - 25 km/jam. Suhu udara berkisar antara 26 - 33 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar 50 - 80 %," lugasnya.

"Tinggi gelombang di Perairan Utara Jawa Tengah 0,1 - 0,75 meter. Sedangkan tinggi gelombang di Perairan Selatan Jawa Tengah 1,3 - 3,5 meter," pungkas dia.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8143 seconds (0.1#10.140)