alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Komjen Pol Mochamad Iriawan Terpilih Menjadi Ketum PSSI 2019-2023

Susanto
Komjen Pol Mochamad Iriawan Terpilih Menjadi Ketum PSSI 2019-2023
Komjen Pol Mochamad Iriawan terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023. FOTO/PSSI

JAKARTA - Komjen Pol Mochamad Iriawan terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini menang mutlak dengan memproleh 82 suara.

Ketegangan sempat mewarnai terpilihnya Iwan Bule di Kongres Luar Biasa PSSI. Bertempat di Hotel Shangri-la, Jakarta, Sabtu (2/11/2019) siang, sebelum kongres dimulai, Iwan Bule sudah terlibat ketegangan dengan calon ketua umum lain, Vijaya Fitriyasa. Pada saat itu Iwan tengah diwawancarai wartawan tiba-tiba Vijaya datang untuk mengajaknya bicara.

"Saya lagi wawancara nih," kata jenderal polisi bintang tiga itu. Meski sudah ditolak, Vijaya berkeras ingin berbicara dengan Iwan, terutama terkait kasus yang melibatkan keduanya.



Iwan Bule kemudian masuk ke arena kongres tanpa menemui Vijaya. Kepada wartawan, Vijaya mengatakan ingin meluruskan pernyataan yang pernah dibuatnya pada program talk show, ketika itu dia mengaitkan Iwan Bule dengan kartel dan mafia sepak bola.

"Terkait pernyataan saya di Mata Najwa, sebenarnya itu imbauan, bukan tuduhan. Saya kan bilang harusnya sebagai penegak hukum, Pak Iwan (Bule) itu berani melawan mafia dan kartel bola. Bukannya (malah, red) bernegosiasi," kata Vijaya.

Tak berhenti sampai disitu, ketegangan juga mewarnai jalannya Kongres. Vijaya bersama lima calon ketua umum lain, Fary Djemy Francis, Yesayas Octavianus, Aven Hinelo, Benny Erwin, dan Sarman El Hakim keluar area kongres sebelum pemilihan benar-benar tuntas. Mereka mengaku diusir Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

"Kami tak diberi kesempatan bicara, malah diminta meninggalkan ruangan oleh sekjen," kata Vijaya.

Akibat insiden tersebut, hanya tersisa tiga calon ketua umum yang berebut kursi Ketua Umum PSSI 2019/2023. Mereka adalah Mochamad Iriawan, Arif Putra Wicaksono, dan Rahim Soekasah.

HASIL VOTING
Iwan Bule terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2019/2023 setelah unggul mutlak saat penghitungan suara. Pria yang juga menjabat Sestama Lemhanas itu mengalahkan perolehan suara Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono.

Iwan Bule meraih 82 suara dari total 85 suara voters, sementara Rahim dan Arif tidak mendapat suara satu pun. Sekadar informasi, tiga suara lainnya abstain saat berlangsungnya pemungutan suara. Sementara satu suara lagi tidak ikut memilih alias walk out yakni perwakilan Persis Solo -yang sahamnya dikuasai Vijaya.

Iwan Bule akan melanjutkan tongkat kepengurusan PSSI setelah era Edy Rahmayadi. Salah satu pekerjaan terbesar yang menunggunya adalah persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

1. La Nyalla Mattalitti (Tak Hadir)
2. Bernard Limbong (Mundur, Tak Hadir)
3. Vijaya Fitriyasa (Walk Out)
4. Fary Djemy Francis (Walk Out)
5. Yesayas Octavianus (Walk Out)
6. Aven Hinelo (Walk Out)
7. Benny Erwin (Walk Out)
8. Sarman El Hakim (Walk Out)
9. Mochamad Iriawan (Ikut Kongres)
10. Arif Putra Wicaksono (Ikut Kongres)
11. Rahim Soekasah (Ikut Kongres)



(amm)

loading...