alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Festival Kesenian Rakyat Angkat Budaya Lokal Kendal

Eddie Prayitno
Festival Kesenian Rakyat Angkat Budaya Lokal Kendal
Dewan Kesenian Kendal bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal menggelar Festival Seni Pagelaran Rakyat di Lapangan Desa Karangmalang, Kecamatan Kangkung. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO

KENDAL - Dewan Kesenian Kendal bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal menggelar Festival Seni Pagelaran Rakyat di Lapangan Desa Karangmalang, Kecamatan Kangkung. Selama tiga hari, sejumlah kesenian rakyat ditampilkan untuk mengingatkan kembali generasi muda terhadap seni asli Kendal.

Festival Seni Pagelaran Rakyat menampilkan kesenian lokal dari 20 kecamatan. Beberapa kesenian rakyat yang paling banyak ditampilkan di antaranya rebana, barongan, dan kuda lumping.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf berharap Festival Seni Pagelaran Rakyat bisa mengangkat kesenian tradisional dari masing masing kecamatan. Dengan munculnya lagi kesenian tradisional ini, maka akan mengakat kesenian lokal agar bisa dikenal di dunia.



"Tanpa ada festival, kesenian lokal tidak akan bisa berkembang dan dikenal hingga ke daerah lain. Diharapkan semua kecamatan bisa mengirimkan peserta festival dan tidak dibatasi jenis keseniannya, yang penting bisa mengangkat seni lokal," katanya, Jumat (1/11/2019).

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kendal, Kiswanto menjelaskan, jumlah peserta festival sebanyak 20 tim dari 20 kecamatan. "Sebagai bukti kecintaan warga pada kesenian tradisional, ayo datang untuk menyaksikkan festival kesenian rakyat," katanya.



(amm)

loading...