alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Tutup Tahun, Pemkab Sleman Bagikan Delapan Mobil Dinas Baru

Priyo Setyawan
Jelang Tutup Tahun, Pemkab Sleman Bagikan Delapan Mobil Dinas Baru
Bupati Sleman Sri Purnomo mengcek mobil operasional baru yang diberikan kepada OPD, Polres Sleman, dan Yonif 403 WP, Jumat (1/11/2018). Foto/SINDOnews/Priyo Setyawan

SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menjelang akhir 2019 membagikan delapan mobil operasional baru bagi organisasi perangkat daerah (OPD), Polres Sleman, dan Batalyon Infanteri (Yonif) 403 Wirasda Pratista (WP) senilai Rp2,674,5 miliar. Anggaran pembelian mobil berasal dari APBD Sleman 2019.

Lima OPD yang menerima mobil operasional yaitu, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB). Masing-masing mendapatkan mobil Inova. Dua mobil operasional untuk Polres Sleman, yaitu Avanza dan Hilux, sedangkan Yonif 403 WP satu unit Avanza.

Bupati Sleman Sri Purnomo secara simbolis menyerahkan delapan mobil dinas tersebut kepada masing-masing dinas, Kapolres Sleman AKBP Rizki Ferdiansyah, dan Danyonif 403 WP Mayor Inf Ade Pribadi. Bupati berharap mobil opersional itu bisa dimanfaatkan, terutama untuk menunjang kegiatan tugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.



"Ini (kendaraan dinas) diharapkan dapat mendukung bapak dan ibu jajaran pimpinan OPD dalam menjalankan tugas-tugas bagi pemerintah Sleman," katanya.

Kepala bidang (Kabid) Aset Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman Widodo mengatakan, pengadaaan mobil operasional sudah dianggaran dalam APBD 2019 dan pengadaannya secara bertahap. Untuk OPD tipe A atau pejabat eselon II, kemudian OPD tipe B, dan OPD tipe C.

"Untuk tahun ini khusus untuk OPD tipe A, tahun berikutnya OPD tipe B dan C, sehingga nanti semua OPD akan mendapatkan," kata Widodo dalam sambutannya, Jumat (1/11/2019).

Widodo menjelaskan, pengadaan mobil operasional dilakukan karena kendaraan sebelumnya, yaitu Rush umurnya sudah tua, yaitu pengadaan 2013-2014. Untuk mendukung dan menunjang kinerja perlu kendaraan dinas baru. "Untuk mobil operasional lama apakah akan dilelang atau digunakan belum ada keputusuan," katanya.

Widodo menambahkan, tahun ini pihaknya juga mengadakan kendaraan untuk mendukung operasional OPD. Di antaranya dump truk, truk tangki air, pemadam kebakaran, kendaraan tangga dan roda dua. Kendaraan itu saat ini masih dalam proses pelelangan, sehingga setelah semuanya selesai, akan segera diserahkan.

Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiasnyah mengatakan dua unit mobil dari Pemkab Sleman sifatnya pinjam pakai. Nantinya digunakan untuk mendukung tugas-tugas yang berhubungan dengan klinik dan pelayanan kesehatan, seperti di daerah bencana. "Mobil ini semacam untuk ambulans," katanya.



(amm)