Target Menang Pilkada di DIY, Gerindra Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup

Kamis, 31 Oktober 2019 - 22:15 WIB
Target Menang Pilkada di DIY, Gerindra Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup
Partai Gerindra mulai November membuka pendaftaran untuk cabup dan cawabup di Kabupaten Bantul, Sleman, dan Gunungkidul. FOTO/iNews/KUNTADI
A A A
YOGYAKARTA - Partai Gerindra siap memenangkan pemilihan kepala daerah (pilkada) di tiga kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mulai November, partai bentukan Prabowo Subianto ini akan membuka pendaftaran untuk calon bupati dalam pilkada serentak 2020 di Kabupaten Bantul, Sleman, dan Gunungkidul.

"Pendaftaran gratis dan terbuka untuk umum,," kata Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Pilkada 2020 Dharma Setiawan, di Kantor DPD Gerindra DIY, Kamis (31/10/2019).

Pendaftaran calon bupati atau wakil bupati akan mulai resmi dibuka pekan depan. Pendafaran akan dilayani di masing-masing DPC Partai Gerindra. Calon eksternal juga akan memiliki peluang yang sama dengan calon internal. Di mana Gerindra banyak memiliki kader potensial untuk kembali diusung dalam pilkada.

"Kita siap mewadahi calon dari luar partai, mereka diperlakukan sama dengan calon internal," kata Sekretaris DPD Partai Gerindra DIY ini.

Kandidat internal dari Gerindra yang digadang maju Pilkada 2020 untuk Bantul ada empat nama. Yakni Suharsono (Bupati Bantul), Danang Wahyu Broto (anggota DPRD DIY), Nur Subiyantoro (anggota DPRD Bantul), Agung Britantono (tokoh Gerindra Bantul).

Sedang kandidat Gerindra untuk Sleman ada Danang Wicaksono (DPP Gerindra), Suroyo (DPRD DIY), HR. Sukaptana (DPRD Sleman), dan Lastiani Warih Wulandari (eks caleg DPRD DIY). Adapun di Gunungkidul ada tiga nama yang digadang dari internal Gerindra yakni RM Sinabiyat Nujanat (DPRD DIY), Ngadiyono (Ketua DPC Gerindra Gunung Kidul), dan Purwanto (Anggota DPRD DIY).

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar, syarat wajibnya harus setia pada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI. Termasuk siap menjaga keistimewaan DIY. Setiap calon juga harus memiliki visi dan misi untuk memajukan setiap kabupaten yang akan dipimpin.

"Kami ingin ada calon perempuan atau pun dari kaum milenial," ujar Kader Gerindra DIY, Iriani Pramastuti.

Gerindra juga ingin memberikan peluang kepada hkaum perempuan untuk memimpin daerah. Banyak nama yang mampu menjadi bupati atau wakil bupati, baik di Bantul, Sleman ataupun Sleman.

Wakil Ketua DPD Gerindra DIY, Widi Handoko berharap calon kepala daerah memiliki mindset untuk memaksimalkan potensi daerah. Di DIY masih banyak memiliki potensi lahan persawahan, baik untuk komoditas padi, bawang merah maupun komoditas lainnya.

"Kami ingin calon paham dengan potensi derahnya. Seperti Bantul harus mengetahui potensi bawang merah," ujar pria yang menjadi Wakil Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) DIY ini.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4011 seconds (0.1#10.140)