Diberi Jatah 1.409 Formasi CPNS, Ganjar: Itu Kurang

Kamis, 31 Oktober 2019 - 17:20 WIB
Diberi Jatah 1.409 Formasi CPNS, Ganjar: Itu Kurang
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menilai kuota CPNS yang diberikan ke Jawa Tengah sangat kurang dari kebutuhan. FOTO/DOK.SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SEMARANG - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan bahwa jatah kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Provinsi Jawa Tengah sebanyak 1.409 formasi. Akan tetapi, kuota tersebut menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sangat kurang. Mengingat yang diajukan untuk Jateng puluhan ribu formasi.

"Ada tiga formasi yang paling dibutuhkan di Jateng, yakni guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh. Untuk tenaga guru, di level sekolah dasar yang paling banyak dibutuhkan. Dari kuota yang disediakan masih kurang jauh dari usulan kami. Kami pun tidak bisa merengek untuk menambah kuota," katanya, Kamis (31/10/2019).

Ganjar mengakui, hampir setiap malam ia menandatangani SK pensiun yang didominasi para guru SD. Untuk tenaga kesehatan yang menjadi prioritas dan dibutuhkan Jateng yakni dokter dan bidan. Sedangkan honorer K2, Ganjar berharap ada ruang yang lebih leluasa.

Ganjar pun berharap, bisa duduk bersama Menteri Pemberdayaan Aratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk membahas kekurangan pegawai di Jateng. Dia yakin, para menteri bisa memberi solusi terkait kekurangan pegawai di Jateng.

Ganjar juga menegaskan akan mengawal kelancaran seleksi CPNS. Ganjar bertekad menjaga Jateng sebagai provinsi paling berintegritas versi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya akan kawal sendiri. Saya akan jaga tradisi selama enam tahun sebagai provinsi paling berintegritas. Kalau masyarakat ada tawaran, lapor ke kita, jangan jadi korban calo yang menjanjikan diterima PNS, kalau ada, langsung kita kek," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4382 seconds (0.1#10.140)