Tentara Suriah dan Turki Terlibat Bentrokan untuk Pertama Kalinya

Selasa, 29 Oktober 2019 - 20:12 WIB
Tentara Suriah dan Turki Terlibat Bentrokan untuk Pertama Kalinya
Pasukan pemerintah Suriah dan militer Turki terlibat bentrok pada Selasa (29/10/2019) untuk pertama kalinya sejak Ankara melancarkan aksi militer 9 Oktober lalu. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
DAMASKUS - Untuk partama kalinya pasukan pemerintah Suriah dan militer Turki terlibat bentrok pada Selasa (29/10/2019). Ini adalah bentrokan pertama kali yang melibatkan dua belah pihak sejak Turki melancarkan operasi militer di timur laut Suriah tiga minggu lalu.

"Pertempuran sengit meletus untuk pertama kalinya antara tentara Suriah dan Turki," lapor Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), kelompok pemantau konflik di Suriah.

Kelompok pemantau yang berbasis di Inggris mengatakan jual beli tembakan artileri dan senapan mesin terjadi di dekat desa Assadiya, selatan kota perbatasan Ras al-Ain. "Setidaknya enam tentara Suriah terluka dalam pertempuran itu," kata SOHR seperti dilansir dari Telegraph.

Militer Turki dan proksi Suriahnya menyerang pasukan Kurdi di Suriah timur laut pada 9 Oktober dengan tujuan menciptakan zona penyangga sedalam sekitar 30 kilometer. Pasukan Kurdi sepakat untuk mundur dari segmen perbatasan sepanjang 440 kilometer sejauh 120 kilometer, meskipun dilaporkan bentrokan masih tetap terjadi sejak itu. Turki kemudian mencapai kesepakatan dengan pendukung utama pemerintah Suriah, Rusia, agar pasukan Kurdi menarik diri dari seluruh wilayah perbatasan.

Tertinggal dalam kesulitan oleh penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dari daerah perbatasan, pasukan Kurdi beralih ke pemerintah untuk perlindungan. Pasukan pemerintah sekarang diperkirakan akan ditempatkan di sebagian besar zona perbatasan tetapi jalur sepanjang 10 kilometer akan secara bersama-sama dipatroli oleh pasukan Rusia dan Turki, mulai Selasa.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7465 seconds (0.1#10.140)