alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Evaluasi Pemilu 2019, Bawaslu Salatiga Temukan 10 Pelanggaran Berat

Angga Rosa
Evaluasi Pemilu 2019, Bawaslu Salatiga Temukan 10 Pelanggaran Berat
Suasana rapat koordinasi evaluasi hasil pengawasan Pemilu 2019 yang digelar Bawaslu Salatiga di Salatiga, Selasa (29/10/2019). Foto/DOK.BAWASLU

SALATIGA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga menggelar rapat koordinasi evaluasi hasil pengawasan Pemilu 2019 bersama mitra kerja di Salatiga, Selasa (29/10/2019). Dalam rapat tersebut, Ketua Bawaslu Kota Salatiga Agung Ari Mursito memaparkan selama pelaksanaan pesta demokrasi Bawaslu menemukan 10 pelanggaran yang dilakukan berbagai pihak.

"Setidaknya kami menemukan 10 kasus yang kategorinya cukup berat. Sebanyak enam kasus di antaranya masuk pelanggaran administrasi, tiga pidana dan satu kasus hukum lainnya," katanya.

Dia menjelaskan, dari 10 kasus yang dianggap cukup berat pelanggarannya ditelusuri dari pemberitaan di media. "Setelah dilakukan pengkajian kami panggil para saksi atau pihak yang kami anggap memiliki keterkaitan," katanya. (Baca juga: KPU Salatiga Klaim Pemilu Serentak 2019 Sukses)



Menurut Agung, selain 10 kasus yang cukup menonjol itu, sepanjang Pemilu 2019 di Salatiga terdapat banyak laporan masyarakat mengenai dugaan politik uang. Hanya, kata dia, hal itu sulit dibuktikan.

"Kami berharap ke depan pelaksanaan pemilu semakin bagus. Masyarakat dan media turut mengawasi dan apabila ditemukan dugaan politik uang tidak sungkan melaporkan ke Bawaslu," katanya.



(amm)

loading...