alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kodam Diponegoro Siagakan Pasukan Pemukul Amankan Pemilu 2019

Ahmad Antoni
Kodam Diponegoro Siagakan Pasukan Pemukul Amankan Pemilu 2019
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi saat inspeksi pasukan dalam Upacara Sertijab Komandan Yonif Raider 400/BR di Lapangan Andhini Yonif Raider 400/BR, Semarang, Jumat (25/1/2019). FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI

SEMARANG - Kodam IV/Diponegoro menyiagakan pasukan pemukulnya yakni Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 400/BR untuk membantu pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kami siap membantu Polri untuk pengamanan Pilpres maupun Pileg. Kita menyiagakan seluruh pasukan yang ada di Kodam, baik Raider maupun yang lain," kata Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi seusai upacara sertijab Komandan Yonif Raider 400/BR di Lapangan Andhini Yonif Raider 400/BR, Semarang, Jumat (25/1/2019).

"Siaga itu kan diikuti bagaimana kita lihat perkembangan situasi. Pasti disiagakan, karena ini (Yonif Raider 400/BR) pemukulnya pasukan Kodam yang langsung di bawah Pangdam," katanya. (Baca juga: Letkol Inf Arief Wicaksana Resmi Jadi Komandan Yonif Raider 400/BR)



Pangdam menyatakan bahwa pasukan Yonif Raider 400/BR dituntut memiliki kesiapsiagaan tinggi dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya.

"Pasukan Yonif Raider 400 Banter Raider (BR) harus punya kesiapsiagaan dan profesionalisme, seperti dalam pembebasan teror dan pengamanan yang cepat. Jika punya kesiapsiagaan tinggi, suatu saat cepat dikerahkan," ujar jenderal bintang dua ini.

Di sisi lain, pihaknya berulang kali meminta kepada seluruh prajurit dan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro untuk turut menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019.

Menurut Pangdam, selain dituntut memiliki kesiapsiagaan, seluruh prajurit dan satuan jajaran juga harus komitmen terhadap netralitas TNI. "Tidak boleh ada ruang sekecil apapun yang dapat mencederai netralitas TNI. Karena itu, para Dansat harus mampu meyakinkan bahwa setiap prajurit dan PNS memahami pedoman-pedoman netralitas TNI dalam Pemilu 2019," katanya.



(AMM)

loading...