alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jateng Genjot Peningkatan Daya Saing di Berbagai Sektor

Ahmad Antoni
Jateng Genjot Peningkatan Daya Saing di Berbagai Sektor
Jateng Genjot Peningkatan Daya Saing di Berbagai Sektor. Ilustrasi/Dok.SINDOnews

SEMARANG - Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada triwulan II tahun 2019 tercatat sebesar 5,62 persen. Menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, hal itu cukup bagus di tengah gencarnya perang dagang antara Amerika dan Cina, yang berdampak pada penurunan kinerja perekonomian wilayah dan nasional fluktuasi nilai tukar rupiah serta kinerja ekspor nasional.

Upaya untuk mendorong peningkatan daya saing di berbagai sektor pembangunan yang ditujukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen, antara lain dilakukan pengembangan Kawasan Industri Brebes, Kawasan Industri Kendal, dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur, serta pemerataan pembangunan di seluruh kabupaten kota se-Jawa Tengah.

"Untuk mendukung peningkatan daya saing, kita dorong pengembangan investasi pada industri strategis penguatan SDM melalui revitalisasi BLK, pendidikan vokasi, pengembangan sektor pariwisata, pembangunan kewilayahan, serta peningkatan kerjasama pemerintah dengan perguruan tinggi dan pelaku usaha," terang Ganjar saat mengikuti rapat paripurna di Kantor DPRD Jateng, Senin (28/10/2019).



Pemprov Jawa Tengah, lanjut dia, juga terus melakukan inovasi guna meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak yang menjadi kewenangannya.

“Inovasi itu antara lain dengan menambah titik-titik pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, aplikasi, dan kerjasama dengan minimarket serta toko online,” sebutnya.



(mif)

loading...