Kabur, Napi Rutan Wates Ditangkap di Kebumen

Selasa, 29 Oktober 2019 - 07:30 WIB
Kabur, Napi Rutan Wates Ditangkap di Kebumen
Kabur, Napi Rutan Wates Ditangkap di Kebumen. Foto/iNews/Kuntadi
A A A
KULONPROGO - Pinasthi Bayu Setya Aji, salah satu narapidana rutan kelas II B Wates yang kabur berhasil ditangkap petugas saat sedang nongkrong di Alun-alun Kebumen, Jawa Tengah, Senin sore (28/10/2019). Kini petugas masih memburu satu narapidana lain, Sutristiyanto yang merupakan warga Pekalongan, Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, sore tadi Pinasthi sudah berhasil ditangkap di Alun-alun Kebumen,” jelas Kepala Rutan Kelas IIB Wates, Deny Fajaryanto, Senin (28/10/2019).

Terpidana kasus penggelapan sepeda motor ini ditangkap ketika tengah nongkrong di Alun-alun Kebumen sekitar Pukul 17.30 WIB. Saat itu dia tengah janjian dengan rekannya yang merupakan mantan narapidana. Namun belum sempat bertemu petugas dari Polres Kulonprogo yang mendapatkan informasi keberadaannya langsung melakukan penangkapan.

“Dia ditangkap tanpa perlawanan. Doakan saja agar Sutristiyanto juga segera ditangkap,” tutur Deny.

Begitu diamankan, Pinasthi langsung dibawa ke Mapolres Kulonprogo. Saat itu langsung dilakukan serah terima kepada Rutan Kelas IIB Wates. Malam ini dia langsung dibawa ke Rutan untuk dijebloskan ke dalam sel isolasi.

“Kita tempatkan sel isolasi yang sudah disiapkan. Sama tiga yang lain untuk sementara waktu dia di sana dulu,” jelasnya.

Deny sendiri belum mengetahui pasti bagaimana Pinasthi bisa kabur secepat itu dan bisa sampai di Kebumen. Informasi awal. Mereka sempat barengan dengan Sutristiyanto. Namun dalam pelarian mereka berpencar.

Rutan nantinya akan melakukan pemeriksaan kepada Pinasthi dan tiga narapidana lain yang sempat kabur dan sudah ditangkap. Mereka untuk sementara waktu ditempatkan di sel isolasi untuk sementara waktu. Sel isolasi ini hampir sama dengan sel tahanan lainnya. Hanya ukurannya lebih kecil dan hanya bisa untuk satu orang.

Lima orang narapidana Rutan Kelas IIB Wates, pada Minggu (27/10/2019) kabur dari dalam rutan melalui selokan, dan merusak teralis selokan. Selanjutnya mereka memanjat ke menara pengawas dan melompat pagar kawat berduri setinggi lima meter.

Pasca kabur, satu orang narapidana Dani Saiful Arifin ditangkap di belakang rutan dalam kondisi terluka dan terkapar. Sedangkan dua narapidana lain, Taufikurahman dan Abdul Aziz ditangkap warga di Dukuh Blumbang, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih Kulonprogo sejauh 5 kilometer dari rutan. Sore tadi, Pinasthi ditangkap di wilayah Kebumen. Saat ini satu tersangka lain, Sutristiyanto masih dalam pengejaran.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1571 seconds (0.1#10.140)