alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pimpinan DPR Pastikan Tak Ada Penolakan ke Calon Kapolri Idham Azis

Kiswondari
Pimpinan DPR Pastikan Tak Ada Penolakan ke Calon Kapolri Idham Azis
Pimpinan DPR mengklaim tidak ada penolakan fraksi-fraksi terhadap calon tunggal apolri, Komjen Pol Idham Azis. FOTO: DOK SINDOnews

JAKARTA - Pimpinan DPR mengklaim bahwa sejauh ini tidak ada penolakan fraksi-fraksi terhadap calon tunggal apolri, Komjen Pol Idham Azis. Dalam pekan ini DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon tunggal tersebut.

“Jadi, untuk fit and proper test Kapolri karena surpresnya sudah diterima oleh DPR dan insya Allah hari ini paling lambat besok itu komisi kita akan kalau sudah siap nanti Pak Aziz (Aziz Syamsuddin) sebagai Ketua bidang Korpolkam sore atau besok akan menetapkan komisi,” ujar Wakil Ketua DPR Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekkeu) Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Kemudian, Dasco melanjutkan, hari ini Pimpinan DPR juga akan melakukan Rapim (rapat pimpinan) untuk membahas surpres (Surat Presiden) terkait calon Kapolri tersebut sehingga, rencananya setelah rapat Badan Musyawarah (Bamus) Selasa (29/10) besok akan diadakan rapat paripurna yang isinya antara lain akan menugaskan Komisi III untuk melakukan fit and proper test calon Kapolri.



“Kita akan lihat hasil rapim dan bamus pada hari ini. Insya Allah proses-proses yang diharapkan bisa dapat berjalan tidak terlalu lama,” terangnya.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini mengakui bahwa berdasarkan pengalaman yang lalu, presiden hanya mengirimkan satu nama calon Kapolri ke DPR. Sehingga DPR hanya akan melalukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon tunggal tersebut yang sejauh ini tidak mendapatkan penolakan fraksi-fraksi.

“Apabila tidak ada satu dan lain hal di luar DPR kemungkinan besar kawan-kawan ya sampai saat ini ya saya belum melihat adanya penolakan pada sosok yang dikirim oleh presiden tersebut,” klaimnya.

Menurut Dasco, sosok Idham Azis sendiri memiliki kapasitas dan hasil kerjanya memenuhi kualifikasi sebagai seorang calon Kapolri. Namun, itu pandangan pribadinya.

Karena itu, dia membebaskan kepada fraksi-fraksi di Komisi III DPR nanti untuk mempelajari rekam jejak Idham Azis di uji kepatutan dan kelayakan nanti. Serta, bagaimana tentang tantangan Kapolri ke depan.

“Dan saya pikir tidak akan keluar dari situ fit and proper yang dilakukan oleh teman-teman di Komisi III,” tandasnya.



(nun)