alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hari Sumpah Pemuda, SMAN 1 Kendal Luncurkan Antologi Puisi dan Novel

Eddie Prayitno
Hari Sumpah Pemuda, SMAN 1 Kendal Luncurkan Antologi Puisi dan Novel
Guru dan siswa SMA Negeri 1 Kendal berfoto bersama usai peluncuran buku dan novel di halaman sekolah, Senin (28/10/2019). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO

KENDAL - Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 dan Bulan Bahasa, SMA Negeri 1 Kendal meluncurkan sejumlah buku dan novel karya siswa dan guru, Senin (28/10/2019). Peluncuran buku ditandai dengan pembacaan puisi oleh perwakilan siswa dan guru di halaman sekolah.

Beberapa buku yang diluncurkan antara lain buku Antologi Puisi Sekarpualam karya siswa, guru, dan karyawan; kemudian dua buku karya guru; serta novel berjudul Sometimes karya siswa kelas XII. Buku-buku tersebut akan menambah koleksi perpustakaan sekolah dan sebagian akan diberikan ke Perpustakaan Daerah sebagai tambahan literasi.

Kepala SMA Negeri 1 Kendal, Yuniarsih mengatakan, buku Antologi Puisi Sekarpualam berisi 1.152 puisi yang ditulis oleh 1.090 siswa, ratusan guru, dan karyawan sekolah. Judul Sekarpualam memiliki arti seribu karya puisi bertema alam ini sengaja diangkat untuk menyadarkan pemuda, khususnya siswa agar lebih mencintai alam dan peduli dengan lingkungan. Butuh waktu sebulan untuk mengumpulkan karya puisi tersebut.



"Semua buku ini akan menambah literasi siswa dan guru untuk menjadi bahan bacaan di perpustakaan sekolah," katanya usai upacara Hari Sumpah Pemuda di sekolahnya.

sementara itu, penulis novel Sometimes, Sheify Fathimah mengaku butuh enam bulan untuk menulis kumpulan cerpennya. "Karya ini membuktikan bahwa pemuda bisa berkarya jika tekun dan rajin," katanya.



(amm)

loading...