Makan Soto Bareng, Ganjar: Ini Wujud Kerukunan Antarwarga Jateng

Minggu, 27 Oktober 2019 - 13:00 WIB
Makan Soto Bareng, Ganjar: Ini Wujud Kerukunan Antarwarga Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut nyoto bareng warga di kawasan CFD Jalan Menteri Supeno Semarang, Minggu (27/10/2019). Foto/Dok Humas Pemprov Jateng
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama ribuan warga ikut menyantap aneka soto yang disajikan oleh Perkumpulan Pengusaha Jasaboga Indonesia (PPJI) di kawasan CFD Jalan Menteri Supeno, Semarang, Minggu (27/10/2019) pagi. Ada sebanyak 18.500 porsi soto disediakan dalam acara syukuran kelancaran pelantikan presiden-wapres periode 2019-2024.

Sajian 18.500 aneka soto khas dari Jawa Tengah meliputi Soto Semarangan, Soto Kudus, Soto Grombyang Pemalang dan soto lainnya. (Baca Juga: Syukuran Pelantikan Presiden, Warga Semarang Santap 18.500 Porsi Soto)

"Awalnya PPJI menemui saya dan mengatakan akan menggelar acara ini pada September lalu. Kemudian saya minta diundur saja, setelah pelantikan Presiden, sebagai salah satu wujud syukur atas dilantiknya Pak Jokowi dan Kiai Maruf," kata Ganjar di sela acara.

Menurutnya, saat pelantikan presiden dan wakil presiden beberapa waktu lalu, banyak masyarakat Jateng yang ingin mengayubagyo ke Jakarta. Daripada mengeluarkan ongkos banyak, Ganjar mengusulkan untuk menggelar acara syukuran di Semarang. "Daripada ke Jakarta, kejauhan. Duitnya habis banyak. Mending duitnya dikumpulkan dan buat nyoto bareng-bareng," katanya.

Tak hanya sebagai wujud kebahagiaan warga Jateng atas pelantikan presiden, orang nomor satu di Jateng itu juga mengajak masyarakat untuk memaknai acara nyoto bareng ini sebagai wujud kerukunan. Ia meminta warga untuk biasa tolong-menolong antarsesama.

"Setelah ini mari kita biasakan tolongmenolong. Kalau masak banyak, tetangganya dikasih. Sambil dilihat apakah tetangganya sehat atau tidak. Ini gaya Jawa Tengah yang harus dilestarikan. Warga Jateng itu nyedulur (mudah diajak bersaudara) lan migunani marang bangsa lan negoro (dan bermanfaat bagi bangsa dan negara)," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0826 seconds (0.1#10.140)