Teknologi Surround Sound Akan Dipasang di Kokpit Pesawat Tempur A-10

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 14:00 WIB
Teknologi Surround Sound Akan Dipasang di Kokpit Pesawat Tempur A-10
Pesawat tempur A-10. Foto/Istimewa
A A A
WASHINGTON - Sistem peringatan surround sound di kokpit pesawat tempur A-10 Thunderbolt II segera dipasang oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (AS). Pemasangan sistem peringatan surround sound ini adalah inisiatif dari Angkatan Udara AS.

Sistem baru ini akan dipasang oleh Terma North America Inc di 328 jet tempur serangan darat itu. Menurut laporan Military.com sistem ini nantinya akan membantu pilot untuk membedakan panggilan radio dan peringatan yang berbunyi di sisi kokpita yang berbeda, berdasarkan asal mereka.

"Teknologi audio 3D dan Active Noise Reduction (ANR) yang dipasok secara unik oleh Terma mengurangi stres dan meningkatkan efektivitas operasional melalui isyarat audio spasial dinamis yang menyoroti arah serangan yang tepat," menurut Defense-Blog yang dinukil Sputnik, Jumat (25/10/2019).

Sebuah buletin Pentagon yang diterbitkan pada Rabu lalu mencatat kontrak pengiriman tanpa batas waktu/jumlah tak terbatas bernilai USD60 juta, dan pekerjaan itu harus selesai sebelum 28 Februari 2024. Sistem ini sudah digunakan oleh F-16 Falcon Angkatan Udara serta pesawat terbang Angkatan Udara Denmark, karena Terma bermarkas di Arhus.

Dibangun oleh Fairchild Republic sejak tahun 1970-an, A-10 atau yang dikenal sebagai "Warthog" telah membuktikan sebagai salah satu senjata serangan darat paling tangguh Angkatan Udara dan pesawat pendukung udara tertutup.

Dengan kemampuan manuver yang luar biasa, Warthog dibekali dengan senapan mesin gatling GAU-8 Avenger yang sangat besar dan dirancang untuk bisa memberikan "hukuman" yang signifikan dan masih tetap terbang di udara.

Peningkatan suara 3D dirancang untuk meningkatkan kemampuan bertahan pesawat dalam pertempuran saat Angkatan Udara AS mendapati dirinya bergegas untuk memperpanjang usia pesawat.

Beberapa berharap F-35 Joint Strike Fighter baru dapat menggantikan Warthog dalam peran pendukung udara tertutup, tetapi terbukti lebih rendah karena keduanya terlalu cepat dan terlalu rapuh, untuk mengatakan tidak ada yang terlalu mahal untuk risiko, Sputnik melaporkan. Alih-alih, ahli strategi Pentagon ingin menggunakan F-35 sebagai "quarterback," mengoordinasi serangan oleh pesawat lain dari ketinggian di atas medan perang.

Sekarang, Angkatan Udara AS berniat untuk membuat A-10 terbang sampai mungkin tahun 2040, menyetujui kontrak USD999 juta pada bulan Agustus dengan Boeing untuk memproduksi hingga 112 rakitan sayap A-10 baru dan kit sayap cadangan.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9101 seconds (0.1#10.140)