alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinasti Politik Keluarga Jokowi Berpotensi Diteruskan oleh Gibran

Rakhmatulloh
Dinasti Politik Keluarga Jokowi Berpotensi Diteruskan oleh Gibran
Gibran Rakabuming Raka. Foto/Antara/Aprillio Akbar

JAKARTA - Gibran Rakabuming rupanya serius terjun ke dunia politik dengan mencoba peruntungan menjadi bakal calon Wali Kota Solo. Meski DPC PDI Perjuangan sudah menutup pendaftaran, Gibran tampak serius dengan berkomunikasi ke sejumlah senior PDIP.

Bahkan, Putra Sulung Presiden Jokowi itu kemarin sowan ke Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri dan menyampaikan keseriusannya menjadi orang nomor satu di Surakarta tersebut.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan, kekuasaan itu candu. "Siapapun sukar mengelak tak peduli rakyat biasa apalagi elit," kata Adi saat dihubungi Sindonews, Jumat (25/10/2019).



Menurut Adi, keseriusan Gibran yang ingin maju dalam pemilihan bakal calon Wali Kota Solo dianggap bagian dari meraih kekuasaan, dan hal itu sah dalam sistem demokrasi yang berkembag selama ini.

Kata Adi, setidaknya munculnya Bos Markobar itu bisa dinilai sebagai penerus dinasti politik keluarga Presiden Jokowi. Mengingat sejauh ini, suami dari Selvi Ananda itu dikenal hanya menggeluti bidang bisnis makanan seperti katering nikahan dan kuliner martabak.

Track record Gibran yang mengambil jalur bisnis pun menular kepada adik kandungnya, Kaesang Pangarep yang juga mengembangkan bisnis Sang Pisang. Namun saat ini, Gibran memutuskan terjun ke dunia politik dengan PDI Perjuangan sebagai kendaraannya, seperti saat Presiden Jokowi memimpin kota Solo selama 2 periode.

"Suka tak suka Gibran menjadi perbincangan karena ia anak presiden yang bisa dikapitalisasi untuk mendapat dukungan. Andai Gibran bukan anak presiden tentu calon wali kota solo 2020 tak bisa diutak atik lagi," ujar analis Politik asal UIN Jakarta ini.



(mif)

loading...
Berita Terkait