alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resmikan DPPU Satelit YIA, Pertamina Siap Penuhi Kebutuhan Avtur

kuntadi
Resmikan DPPU Satelit YIA, Pertamina Siap Penuhi Kebutuhan Avtur
Persemian Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Satelit YIA, Kamis (24/10/2019) di Bandara YIA. FOTO : iNews.id/Kuntadi

KULONPROGO - PT Pertamina (Persero) siap memenuhi kebutuhan bahan bakar pesawat di Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA).

Sejak bandara ini dioperasionalkan pada awal Mei lalu, Pertamina telah menyiagakan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Satelit YIA, yang diresmikan Kamis (24/10/2019).

“Ini bandara baru, dan kita akan suplai. Pertamina siap memenuhi kebutuhan (avtur),” jelas Senior Vice President Corporate Marketing Business Pertamina, Ferdy Novianto, usai meresmikan DPPU di Bandara YIA. Secara simbolis, peresmian dilakukan dengan pengguntingan pita, dilanjutkan peninjauan depot pengisian.



Untuk memenuhi kebutuhan di YIA, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengoperasionalkan 6 Tangki Modular dengan kapasitas masing-masing 23 Kiloliter (KL), 2 unit refueller kapasitas 16 KL dan 1 unit refueller kapasitas 25 KL serta beberapa fasilitas pendukung.

“DPPU satelit ini sifatnya sementara sampai DPPU Induk pertamina di YAI selesai Dibangun. Kita-kira akhir November 2020,” jelasnya.

DPPU Induk YIA nantinya akan memiliki sarana fasilitas 4 tangki timbun dengan kapasitas hingga 1.000 KL. Pasokan avtur untuk DPPU satelit YIA berasal dari Terminal BBM Rewulu yang berjarak 35 KM dengan bridger (mobil tangki avtur) kapasitas 24 KL. Penyaluran avtur di YIA, ada peningkatan sebesar 67% dari bulan Juni ke September 2019 atau dari 521 KL menjadi 874 KL.

“Dengan semakin meningkatnya permintaan kebutuhan avtur di bandara YIA, Pertamina akan senantiasa menjaga kehandalan DPPU satelit YIA dalam menyediakan avtur,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian mengatakan setiap bulannya DPPU di bandara Adisutjipto mampu menyalurkan 5.730 KL per bulannya. Penyaluran ini disesuaikan 20 jam operasional pengisian pesawat dengan frekuensi pengisian harian 63 refuelling per hari kepada 13 maskapai domestik, 3 maskapai internasional dan Puspernerbad TNI.

Sedangkan pelayanan di Bandara YIA saat ini, Pertamina melayani 13 jam operasional pengisian pesawat dengan frekuensi pengisian harian 6 refuelling per hari kepada 4 maskapai domestik.

“Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kehandalan pasokan avtur di wilayah DI Yogyakarta,” terang IIn.



(nun)

loading...