1.094 Rumah di Banjarnegara Rusak Diterjang Angin Kencang

Kamis, 24 Oktober 2019 - 13:50 WIB
1.094 Rumah di Banjarnegara Rusak Diterjang Angin Kencang
Warga Banjarnegara sedang memperbaiki atap rumah yang rusak akibat diterpa angin kencang. FOTO/iNews/Elis Novit
A A A
BANJARNEGARA - Angin kencang menerjang wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dua hari berturut-turut. Akibatnya seribuan rumah warga rusak dihempas badai tersebut.

Terjangan angin kencang di kawasan Dataran Tinggi Dieng terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial. Orang di balik rekaman video terdengar mengumandangkan azan di tengah terjangan angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan, data yang dihimpun sementara ini ada delapan desa di Kecamatan Batur yang terdampak angin kencang. Ada 1.092 rumah warga yang mengalami kerusakan.

"Lalu ada 11 sekolah dan sebuah pasar yang rusak," kata Arief di Kabupaten Banjarnegara, Kamis (24/10/2019).

Menurut dia, data kerusakan tersebut ada 202 unit rumah rusak parah, 510 unit rusak sedang dan 382 rusak ringan. Kerusakan paling parah ada di bagian atapnya lantaran terempas angin kencang.

Hingga kini, kata dia, tim BPBD Banjarnegara masih mendata sejumlah kerusakan dan kebutuhan material yang akan disalurkan ke warga. Meski tidak ada korban jiwa, namun warga masih trauma dengan peristiwa tersebut.

"Tim saat ini masih turun ke lapangan untuk mendata warga lain yang terdampak angin kencang," ujarnya.

BPBD Banjarnegara mengimbau, warga selalu waspada terjadinya angin kencang. Masyarakat diminta menghindari terjangan angin tersebut, dan menuju lokasi aman agar tidak ada korban jiwa.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8245 seconds (0.1#10.140)