alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siswa dan Guru SMAN 2 Kendal Nyanyi Lagu Dolanan Anak Bersama

Eddie Prayitno
Siswa dan Guru SMAN 2 Kendal Nyanyi Lagu Dolanan Anak Bersama
Siswa dan guru SMA Negeri 2 Kendal bersama-sama menyanyikan 34 lagu dolanan anak Jawa Tengah di halaman sekolah, Kamis (24/10/2019). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO

KENDAL - Ribuan siswa dan guru SMA Negeri 2 Kendal bersama-sama menyanyikan 34 lagu dolanan anak Jawa Tengah di halaman sekolah, Kamis (24/10/2019). Kegiatan ini sengaja digelar sebagai upaya pelestarian budaya yang mulai terkikis perkembangan zaman.

Lagu dolanan anak dimainkan oleh 34 kelompok siswa dari masing-masing kelas dan guru secara bergantian. Dengan kembali melantunkan lagu ini, diharapkan anak-anak kembali ingat dan memainkan kembali dolanan zaman dulu agar tidak tenggelam dalam game di ponsel.

Kepala SMA Negeri 2 Kendal, Noor Muhamad Abidun mengatakan, sebagai sekolah pelestari budaya, pihaknya akan selalu komitmen mengusung dan mengangkat budaya asli Indonesia serta menamankan kepada siswa.



"Harapannya dengan menyanyikan lagu dolanan anak dari Jawa Tengah ini, siswa dan guru di SMA Negeri 2 Kendal lebih mencintai budaya dan menerapkan di kehidupan sehari-hari," katanya.

Atas komitmen pelestarian budaya, SMA Negeri 2 Kendal mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Ketua Umum Leprid Paulus Pangka mengatakan, lagu dolanan anak dari Jawa Tengah sudah jarang dinyanyikan anak-anak karena perkembangan teknologi.

"SMA Negeri 2 Kendal berkomitmen uri-uri kebudayaan Jawa Tengah melalui menyanyikan lagu dolanan anak secara bersama-sama," katanya.

Prestasi mengangkat budaya asli Indonesia sudah lima kali diraih SMA Negeri 2 Kendal. Bahkan dalam catatan Leprid, SMA Negeri 2 Kendal merupakan sekolah yang terbanyak mendapatkan penghargaan, khususnya berkaitan dengan seni dan budaya.



(amm)

loading...