alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kebakaran Hutan Gunung Sumbing Meluas, 16 Hektare Ludes Dilalap Api

Angga Rosa
Kebakaran Hutan Gunung Sumbing Meluas, 16 Hektare Ludes Dilalap Api
Personel tim gabungan berjibaku memadamkan kobaran api yang membakar hutan lindung Gunung Sumbing, Rabu (23/10/2019). FOTO/DOK.BPBD Temanggung

TEMANGGUNG - Kebakaran hutan Gunung Sumbing di RPH Kemloko, BKPH Temanggung, KPH Kedu Utara meluas. Api sudah menjalar ke petak 26-1 di wilayah Desa Tanggulanom, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung.

Adapun luas lahan di petak 26-1 yang terbakar, hingga kemarin sore tercatat mencapai 3,5 hektare. Luas lahan yang terbakar akan bertambah karena api belum bisa dipadamkan. Sedangkang luas hutan yang terbakar di petak 27-2 tercatat mencapai 2,5 hektare.

"Personel di lapangan sudah berusaha dan bekerja keras untuk memadamkan api. Namun kondisi medan yang sulit dijangkau dan angin kencang, maka pemadaman hanya dilakukan di beberapa titik dan membuat ilaran," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi, Kamis (24/10/2019).



Gito menyebut, hingga 23 Oktober 2019, luas total hutan Gunung Sumbing yang terbakar tercatat mencapai 16 hektare. Adapun taksiran kerugian mencapai Rp2,4 juta. "Kami terus berupaya untuk memadamkan api. Saat ini, puluhan personel tim gabungan masih berjibaku memadamkan api di petak 26-1 dan 27-2," katanya.



(amm)